Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Tanah di SDN Inpres Renda II Diklaim Milik Warga

Foto Herman: Hair dan anaknya Sudirman saat memagar lahan yang diklaim hak miliknya di sebelah Selatan sekolah

Bima, Bimakini.- Warga RT 12 RW 06 Dusun Co’o Dompo, Hair Ama Sudirman (73) dan anaknya Sudirman (43), beserta  warga lainnya mengelaim sebidang tanah. Tanah dimaksud berada    di dalam areal Sekolah Dasar Negeri (SDN) Inpres Renda II Kecamatan Belo Kabupaten Bima.

Tanah sepanjang 100 meter dan lebar 8 meter itu diklaim  masih miliknya Minggu (16/04/2017) sekitar pukul 10:00 WITA.

Hair  mengaku  dulu tanah yang dipakai untuk membangun sekolah ini miliknya,  tetapi dijual kepada Mansyur (alm) mantap Kepala Sekaloh pertama seharga Rp250.000. SDN Inpres Renda II dibangun pada tahun 1984 dan tanah dijual oleh pemiliknya tahun 1983.

Dia menyatakan sekarang ini  memagar hak miliknya itu menggunakan kayu dan bambu. Namun, Hair bersama anaknya mengakui tidak memiliki sertifikat. Hal itu disebabkan dulu semua tanah di sekitarnya tidak memilikinya. TEtapi dikantor desa setempat masih ada arsipnya tentang hak miliknya di So Nggaro Lembo Co’o Dompo itu.

Dia mengeluh setiap tahun tetap membayar pajak. “Mulai dari dulu kami tetap membayar, hanya tahun 2016 dan 2017 ini belum, tapi surat tanda bukti tidak diberikan oleh pemerintah setempat,”  ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Masih kata dia, sebenarnya uang Rp250.000 itu tidak sesuai perjanjian mereka. Tetapi pemilik tersebut sudah mengikhlaskan untuk bangunan sekolah. “Tanah sebelah Selatan sekolah tersebut  diharapkan pihak pemerintah jangan menggangu karena itu milik saya,” katanya.

“Ini milik kami, jangan diganggu gugat oleh siapa pun. Sekolah cukup sampai batas tembok saja,” tegasnya.

Begitu pun pernyataan sejumlah warga, seperti disampaikan A Rasid (57) warga RT 18. Diakuinya,  tanah itu  memang milik Hair  di sebelah Selatan sekolah. “Kalau masalah jual- beli saya tidak tahu, mungkin seperti pernyataan pemilik tersebut,”  katanya. (BK38)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini. – Kepala Sekolah SDN Inpres 1 Renda Kecamatan Belo H. Said, S. Pd, M. Si, kecewa karena tahun 2016, batal menerima Dana...