Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Ika Suciwati akan Promosikan Rimpu Mbojo di Thailand

DOK IKAS: Ika saat meraih piala pada lomba yang diikutinya.

Kota Bima, Bimakini.- Ini talenta Mbojo yang akan berkiprah di level ASEAN.  Cirikhas Rimpu Mbojo akan dikenalkannya dalam komunitas yang lebih luas di negeri Gajah Putih itu. Namanya, Ika Suciwati. Mahasiswa English Education Department, Faculty of Teacher Training and Education Universitas Ahmad Dahlan 2015.

Pada 15-19 Agustustus 2017, Ika akan mengikuti ASEAN Youth Cultural Exposure Thailand. Suatu  kegiatan yang diselenggarakan oleh Youth Center to Act for Nation yang berfokus pada tourism development yang akan diselenggarakan di Bangkok, Thailand.

Pesertanya delegasi dari universitas, daerah asal, dan Indonesia pada umumnya. Mereka  akan terlibat dalam promosi  kebudayaan di Indonesia.

Nah, bagaimana tekad Ika untuk Dana Mbojo? Buah kasih pasangan Anwar-Siti Hadiah ini bertekad akan mulai konsisten mengenalkan  budaya Rimpu Mbojo sebagai  aset dan atau self identity yang harus dilestarikan di Bima.

“Mulai proses pendaftaran sampai hari H nanti,” katanya melalui surat elektronik (email), akhir pekan lalu.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selain sebagai platform untuk mengembangkan potensi berbahasa Inggris, diharapkannya  kegiatan ini juga mampu menyadarkan masyakat Bima khususnya bahwa budaya Rimpu pun patut dibanggakan dan dikenal oleh dunia.

“Saya harap mengikuti kegiatan ini menjadi starting point  untuk berpartisipasi aktif pada pengembangan budaya dan wisata  di Bima,” ujar anak terakhir dari  tiga bersaudara ini asal  Desa Tumpu RT 004/RW 004 Kecamatan Bolo Kabupaten Bima NTB ini.

Dia meyakin, potensi yang dimiliki sangat mampu membawa daerah Bima dan masyarakatnya menjadi lebih baik, dari segi ekonomi maupun kualitas pariwisata  sehingga menarik minat wisatawan dari dalam maupun luar negeri datang ke Bima meningkat.

“Saya harap keikutsertaan sebagai peserta dalam kegiatan ini, Pemerintah Daerah pun ingin dan mampu memberikan perhatian lebih terhadap kreativitas dan pendidikan masyarakatnya agar dapat bahu- membahu dalam perkembangan kepariwisataan di Bima,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

ASEAN Youth Cultural Exposure 2017 akan dilaksanakan selama lima hari dan dikemas dalam berbagai kegiatan menarik. Seperti, Performing Art (presentasi/ penampilan dari delegasi), Indonesian Independence Day at KBRI Bangkok, Cultural Workshop at Chulalongkorn University, International Conference on Culture and Tourism, Tourism Object Observation, dan lainnya.

Ini merupakan salahsatu kegiatan positif dari Youcan.id sehingga para peserta berlomba menampilkan yang terbaik.

Untuk kebutuhan itu, bebernya,  pada tanggal 15 Juni-15 Juli 2017 akan berkunjung ke Bima. Selain menghabiskan liburan bersama keluarga, juga akan meneliti dan memelajari lebih jauh mengenai kebudayaan Rimpu Mbojo. Selain itu,  kekayaan lainnya di Bima  untuk  dipromosikan di Thailand nanti.

Ika lahir di Kananga, 05 Januari 1997. Hobinya membaca buku, menulis, mendengarkan lagu dan berdebat. Pendidikan yang ditempuhnya adalah SMAN 1 Bolo tahun 2015, MTsN Satap Bolo 2012, SMPN 1 Bolo 2010, SDN 7 Sila 2009.

Berdasarkan data yang dikirimkannya, Ika berkecimpung dalam banyak  organisasi. Antara lain Academic Divison of English Department Student Association (EDSA)/Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UAD 2015-2016. Mentor of Peer Assisted Learning Program (PALP) 2016-sekarang. The Secretary of Debating Community (DeCo) UAD 2016-2017. Vice President Debating Community (DeCo) UAD 2017-2018.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Prestasinya juga boleh dibilang tokcer. Antara lain juara II Ahmad Dahlan Inter-Faculty English Debate 2015, Juara II Speech Contest Eva Eco diselenggarakan oleh EDSA UAD 2016. Quarter Finalist pada Medical English Debate Competition diselenggarakan oleh UMY  2016. Juara 2 Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Amazing Orange dalam rangka milad UAD 2016. Best of Solution for National Essay Pemuda Mendunia Chapter Malaysia 2017.

Breaking 30th Adjudicator of Indonesian Varsities English Debate 2017 di Universitas Sanata Dharma (Akreditasi B juri debat bahasa Inggris Nasional pada sistem British Parliamentary). Semifinalist of National English Education Debate (NEED)/Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional tahun 2017 diselenggarakan oleh EDSA UMY.

Pernah meraih juara 1 English Speech Contest Eva Echa yang diselenggarakan oleh EDSA 2017. Invited Adjudicator of National Schools Debating Championship (NSDC) Bantul 2017 (Juri Lomba Debat Bahasa Inggris SMA tingkat Nasional di Bantul).

Invited Adjudicator of National Schools Debating Championship (NSDC) Kulon Progo 2017 (Juri Lomba debat Bahasa Inggris SMA tingkat Nasional di Bantul). Juara 1 Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Pendidikan Bahasa Inggris tahun 2017. Terakhir, juara 2 Essay Writing diselenggarakan oleh EDSA UAD 2017. (BK22)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait