Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Orang Tua Diharapkan Mendorong Anak Berkreasi

 

Foto Jun: Suasana Lomba Menggambar dan Mewarnai di Taman Kota Dompu, Sabtu lalu.

Dompu, Bimakini.- Orang tua terus memberikan dorongan dan mengarahkan anak  agar bisa menentukan sikap untuk selalu berkreadi melalui cara yang bernilai positif. Harapan itu disampaikan  Kepala BKKBN Provinsi NTB, Dr Lalu Makripudin, MSi, saat Lomba  Menggambar dan Mewarnai memeriahkan Harganas NTB di Taman Kota Dompu, Sabtu lalu.

Dia berharap agar lomba itu  dapat memberikan ruang bagi anak-anak berkreasi dan berkarya. “Melalui  lomba ini anak-anak dapat menciptakan sesuatu yang baru dan bernilai positif,”  harapnya.

Dia meminta orang tua tidak mengekang anak-anak dan membiarkan mereka berkreasi dan berkarya. Selain itu, menekankan pentingnya pendidikan dan kesehatan yang merupakan modal dasar dalam pembangunan daerah.

“Menggambar dan mewarnai merupakan bagian dari dunia pendidikan, sehingga butuh perhatian bukan saja orang tua, tetapi juga pemerintah,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ketua Panitia Lomba, yang juga Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Dompu,  Gatot Gunawan SKM, MPPM, mengatakan pembangun an keluarga berkualitas dipengaruhi pula oleh kualitas dari upaya peningkatan kualitas keluarga. Tanpa disadari seiring pertambahan usia anak, justru sering kali orang tua menggendorkan kreativitas dan kemandirian anak-anak.

Gatot memberikan contoh sederhana, misalnya saat anak sudah bisa memegang alat tulis, lalu tanpa sepengetahuan orang tua mereka mencoret tembok rumah. Maka yang terjadi biasanya mereka dimarahi karena alasan kebersihan dan keindahan. Padahal, sebenarnya  mereka harus diapresiasi dan diberikan fasilitas serta motivasi  agar  mengembangkan kreativitasnya. “Ini juga yang melatarbelangi lomba ini digelar,”  katanya.

Lomba Menggambar dan Mewarnai diikuti 300 peserta dari  siswa PAUD, TK, SD kelas 1-2. Panitia juga memberikan hadiah untuk para juara.

Lomba itu disaksikan oleh Bupati Dompu dan pejabat lainnya. Para orang tua mengapresiasi lomba  dan memberikan motivasi kepada  anak- anak mereka. (BK24)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait