Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Tradisi Ngaha Kawiri Dilestarikan Warga Bali I

Tradisi makan Kawiri yang masih dijaga warga.

Dompu , Bimakini.- Ngaha Kawiri adalah  tradisi yang dilakukan  sebagai ekspresi kesyukuran, mendekatkan  diri kepada Allah, dan harapan dijauhkan dari musibah.  Tradisi itu kini  terus dilestarikan oleh warga Lingkungan Swete Kelurahan Bali I Kecamatan Dompu. Seperti yang terlihat Jumat (15/09/2017).

Menurut warga setempat, Tuty,  selain bentuk kesyukuran, juga berharap rahmat dari Allah.     Momentum Ngaha Kawiri juga  meminta kepada Allah  agar musim kemarau yang panjang ini cepat berakhir.

Hal senada dikatakan Budi, warga setempat.  Ngaha Kawiri didominasi anak-anak, ada pembacaan ayat suci Al-Quran, dan doa yang dipimpin toko agama.

“Tujuan lain adalah menjalin silaturahmi dan berbagi,” katanya
seraya berharap semoga warga Lingkungan Swete dijauhkan dari bencana dan musibah.

Ngaha Kawiri silam kerap dilakukan warga puluhan tahun bila terjadi musibah gagal panen  atau bencana lainnya. Prosesi Ngaha Kawiri  dulu melibatkan semua warga  suatu dusun atau desa.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Namun, seiring perjalanan waktu prosesi itu sedikit demi sedikit berkurang. Kalaupun sekarang ada, sebatas dilakukan dari rumah ke rumah. Momentum Ngaha Kawiri juga dirangkai  bagi-bagi uang kepada anak-anak dan biasa dilakukan pada hari Jumat dinihari. (BK24)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini.- Dalam dua pekan terakhir, warga di desa di Kabupaten Dompu, dihebohkan dengan adanya bekas  telapak kaki dan tangan yang menempel di tembok...