Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

KPU Nilai Debat Publik Terbuka Pertama Paslon Wali/Wakil Wali Kota Bima, Sukses

Kota Bima, Bimakini.- Acara debat publik terbuka tahap pertama Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima di Paruga Nae Convention Hall Kota Bima, Selasa (17/4), berlangsung sukses.

Ketiga Paslon, yakni Nomor 1, H A Rahman H Abidin-Hj Fera Amalia (MANuFER), Paslon Nomor 2, H M Lutfi-Feri Sofiyan (LutFer) dan Paslon Nomor 3, Subhan-Wahyuddin (SW) Mataho, hadir.

Selain itu, juga dihadiri jajaran KPU Kabupaten Bima, KPU Dompu, KPU Sumbawa dan KPU KSB. Pimpinan DPRD Kota Bima, Sekda Kota Bima, Kepala OPD, dan pendukung ketiga Paslon, juga terlihat hadir.

Ketua KPU Kota Bima, Bukhari, dalam sambutannya, menjelaskan kegiatan debat publik terbuka itu merupakan acara bersejarah. “Acara debat ini merupakan salahsatu tahapan utama Pilkada,” tuturnya.

Dia menjelaskan, debat publik bagian tahap kampanye. “Hingga hari ini, kampanye Paslon memasuki hari ke-62 dari total masa kampanye 129 hari,” terangnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Meski dalam aturan acara debat publik paling banyak sebanyak tiga kali dan minimal sekali, namun pihaknya sepakati menggelar dua kali. “Debat tahap kedua akan dilaksanakan 7 Mei nanti,” jelasnya.

Kegiatan itu bertujuan menyebarluaskan visi dan misi Paslon pada masyarakat, serta untuk menggali lebih dalam setiap tema yang diangkat saat debat.

“Ada dua hak yang disepakati, yakni hak menyampaikan visi dan misi dan hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang cukup tentang visi dan misi ketiga Paslon, agar bisa menentukan pilihan pada 27 Juni nanti,” paparnya.

Pihak KPU menghadirkan H Qodri, sebagai moderator dan tim ahli, DR Muhammad Firmansyah dan Rini Sri, dari Universitas Mataram.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pantauan wartawan, acara debat diawali penyampaian visi dan misi dari ketiga Paslon. Masing-masing calon, diberi kesempatan selama tiga menit.

Acara debat terbuka itu berlangsung lancar, aman, tertib, dan sukses serta berakhir pada sekitar pukul 11.44 WITA. (PUL)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Pemilihan Wali Kota Bima tahun 2024  mengusung tema “Pilkada Matupa”. Harapannya akan terwujud Pilkada 2024 demokratis dan sesuai dengan prinsip pemilihan....

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima melalui Surat Keputusan KPU Kota Bima Nomor: 109/PL.02.2.BA/4/2024 menetapkan, jumlah syarat minimal dukungan bakal Pasangan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.-  Pembentukan Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta Wali...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Tahapan pemungutan hitung pada Pemilihan Umum (Pemilu) telah usai. Angka partisipasi masyarakat pada penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kota Bima  mencapai 89,88...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima akan melaksanakan Pleno Rekepitulasi Hasil Pemungutan Suara Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024, Kamis 29...