Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Tidak Diloloskan, Mantan Kades Kalampa Ajukan Protes

Panitia Pilkades Kalampa saat mengumumkan nama-nama bakal calon yang lolos, Jumat lalu.

Bima, Bimakini.- Mantan Kepala Desa Kalampa, Kecamatan Woha, Sudirman H Arahman sempat mengajukan protes pada panitia Pilkades karena tidak diloloskan. Protes itu dilakukan lantaran panitia mencoret namanya sebagai bakal calon.

Dikatakannya, tidak ada mengharuskan mantan Kades melampirkan LKPPDES. “Ini perlu diperjelas, jangan sampai peraturan ini dibuat panitia untuk tidak meloloskan saya,” katanya.

Menanggapi protes itu, Ketua Panitia Ramli,  SPd, mengaku sudah menjalankan sesuai aturan dan perda yang telah diatur dalam syarat calon Kepala Desa.

“Silahkan buka pasal 11, aturan tertera disitu tentang diwajibkan LKPPDES,” ujarnya.

Sementara Camat Woha Irfa  Dj, SH menjelaskan, setiap akhir tahun anggaran LKPPDES dan 6 bulan sebelum berakhir masa jabatan Kades, harus menyerahkan dokumen LKPPDES.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Itulah aturan yang harus dipenuhi oleh mantan Kades sebagai calon. Bila itu tidak dilampirkan, maka panitia berhak tidak meloloskan sebagai calon,” terangnya.

Sebagai camat, Irfan mengaku tetap mengevaluasi tahapan yang dilakukan panitia Pilkades. Setiap keputusan panitia tetap diingatkan bila ada hal-hal yang dimengerti.

“Bila dianggap tidak sesuai, peserta yang merasa dirugikan bisa lapor ke pihak hukum dan jangan mengganggu kondisi yang sedang berjalan,” katanya.

Kata dia, calon Pilkades maksimal 5 orang dan minimal 2 orang. Ketika panitia mengumumkan hasil calon, itulah yang dianggap memenuhi syarat.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Empat orang sudah ditetapkan sebagai calon Kades Kalampa, tapi harus lima orang, tiga orang lainnya akan mengikuti tes untuk mendapatkan satu orang terbaik supaya lima calon,” ujarnya.

Dia meminta, agar semua kontestan dapat menerima keputusan panitia. Jika tidak puas dan menganggap penitia melakukan pelanggaran, maka dapat melaporkan panitia.

Namun, akhirnya Sudirman dapat memahami apa yang menjadi keputusan panitia.

Panitia Pilkades Kalampa mengumumkan nama-nama yang lolos, Jumat (21/9) lalu. (MAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, Rabu (3/8/2022) melantik 57 kepala desa hasil pemilihan kepala desa bergelombang, Juli lalu. Pelantikan berlangsung...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pasca-penyelenggaraan pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak  6 Juli 2022 lalu, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE menggelar Silaturahmi  dengan...

Politik

Bima, Bimakini.- Pemilihan Kepala Desa Karumbu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, berlangsung aman dan damai. Yang ikuti kontestasi sebanyak lima calon yaitu Drs Arsyid, kedua...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Situasi Kamtibmas selama pencoblosan dan penghitungan suara pemilihan kepala desa di 57 desa di Kabupaten Bima berlangsung aman. Pencoblosan berlangsung Rabu 6...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bima yang tinggal beberapa, Polres Bima kini terus mengencangkan Patroli Rutin mereka di wilayah...