Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

SDN 3 Maria Gelar Lomba Gebyar Ramadan

Bima, Bimakini.-  Puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Maria Kecamatan Wawo, gelar berbagai lomba mengisi bulan Ramadan 2019 dalam bingkai gebyar Ramadhan. Apa saja yang dilombakan?

Kepala SDN 3 Maria, Muhammad Saleh, S.Pd, mengatakan, ada beberapa jenis lomba yang diadakan yakni, lomba hafal ayat-ayat pendek, doa-doa pendek, lomba baca puitisasi terjemahan Al Quran, dan lomba busana muslim. Namun, khusus lomba busana muslim hamper seluruh siswa mengikutinya. Semua kegiatan itu dipandu oleh seluruh dewan guru dan tak ada yang tidak mengambil bagian dalam kegiatan bernuansa Islam itu.

“Kita bahagia dapat menyaksikan anak-anak bisa hafal ayat-ayat pendek dan hafal doa-doa pendek, seperti memulai pelajaran, doa sebelum makan, tidur, masuk masjid, keluar masjid, masuk WC dan keluar WC, dan juga doa buat kedua orang tua, dan lainnya,” ujarnya di sekolah setempat, Sabtu (18/5).

Tidak hanya itu, katanya, siswa juga membacakan puitisasi terjemahan ayat-ayat pendek. Tentu mereka selain bisa membaca Al Quran, tetapi juga memahami terjemahannya. Pada lomba busana muslim, ada sesi jalan sendiri-sendiri dan juga ada sesi jalan bareng dengan gaya dan peragaan busana yang mereka kenakan.

“Ada yang bisa dengan berbagai ekspresi yang elegan, tetapi ada juga yang baru belajar jalan, tetapi ada yang malu-malu tidak tahu apa yang harus diperbuat. Namun, karena ini tahap belajar guru memberikan contoh beberapa teknik jalan dan gerakan di pentas peragaan,” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selama bulan Ramadhan, katanya, siswa juga memiliki jadwal kegiatan shalat wajib di masjid dan mushalla. Mereka dibiasakan dengan berbuat baik untuk melatih diri, termasuk kewajiban untuk menghafal tata cara shalat dan doa makan shahur serta doa berbuka puasa. “Kita semua bekerja sama untuk mengisi bulan Ramadhan penuh rahmat dan maghifarah, semoga kita semua mendapatkan ampunan dari Allah dan menjadi hamba Allah yang bertaqwa. (NAS)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait