Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Pantai Oi Fanda yang Indah Dikotori Sampah

Pengunjung Pantai Oi Fanda.

Bima, Bimakini.- Seiring dengan perkembangan pariwisata di Kabupaten Bima, satu lagi destinasi wisata baru yang dapat anda kunjungi yaitu tempat wisata Oi Fanda yang terletak di Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima. Namun sayang, pantai yang baru-baru ini mulai sering dikunjungi warga tersebut terlihat kotor dan tidak tertata dengan baik.

Pantai Oi Fanda merupakan sebuah teluk berpasir putih dengan pinggiran berupa tebing. Dari lokasi parkir menuju pantai, wisatawan yang datang harus melewati jalan setapak menuruni tebing berbatuan.
Kita juga akan menyaksikan hamparan laut dengan warna air yang terlihat kehijauan dengan batu-batu karang yang berjejer di sekitarnya. Tak ketinggalan pula deretan pohon kelapa berjejer dipinggir pantai sehingga menambah keindahan pemandangan di pantai Oi Fanda. Sayangnya, kebersihan masih menjadi salah satu masalah yang ditemukan di daerah wisata bahari ini.

Seperti yang dikeluhkan oleh salah seorang warga sekitar, H. Marjuki, Sabtu (22/6/2019). Ia mengaku kesal dengan para pengunjung yang membuang sampah plastic sisa-sisa bungkus makanan dan minuman sembarangan. “Para pengunjung yang datang sulit sekali diajak untuk menjaga kebersihan lingkungan, mereka membuang sampah seenaknya padahal itu bisa mengotori tempat ini,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, dirinya sudah  berusaha menasehati pengunjung yang datang agar tidak membuang sampah sembarangan, bahkan  mengancam akan menutup kebun miliknya yang biasa dipakai para pengunjung untuk beristirahat, jika mereka masih membuang sampah seenaknya. Akan tetapi menurutnya hal itu saja tidak cukup. Untuk mengatasinya, perlu adanya kesadaran dari masyarakat mengenai kebersihan laut dan sekitarnya yang tidak hanya mengancam kelestarian laut tetapi juga mengancam kesehatan warga sekitar.

Hal senada juga diungkapkan salah seorang pengunjung, Ragoan warga desa Melayu Kota Bima. Menurutnya, Pantai Oi Fanda bisa menjadi salah satu tempat wisata bahari yang sangat indah jika kebersihan lingkungannya dijaga dengan baik. Selain itu, keindahan laut Oi Fanda bisa menjadi salah satu pilihan lokasi bagi para pencinta laut untuk melakukan diving dan snorkeling.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Mengenai kesadaran untuk tidak membuang sampah di laut, Ragoan memaparkan, memang bukan hal mudah. Oleh sebab itu ia berharap agar kiranya pemerintah bersama dengan masyarakat bisa mensosialisasikannya bersama-sama sehingga masalah kebersihan lingkungan ini bisa teratasi dengan baik. Dia mengharapkan kedepannya Pantai Oi Fanda bisa menjadi tempat wisata yang indah dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan baik wisatawan domestic maupun mancanegara. (ARN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Sebanyak 102 tukik/penyu dilepas di Pantai Oi Fanda Desa Nipa, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima, Selasa (6/7/2021). Pelepasan tukik digagas oleh Pokdarwis Oi...