Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Dinas PUPR Kabupaten Bima Fasilitasi Serah Terima TPM dan Bimtek Masa Kerja 2020

Bima, Bimakini.- Dinas Pekerjaan dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bima, memfasilitasi serah terima tenaga pendamping masyarakat (TPM) sekaligus Bimtek untuk masa kerja 2020. Penyerahan ini dilakukan oleh kepala bidang perencanaan wilayah dan pembangunan infrastruktur dari Bapeda Provinsi NTB dihadiri konsultan ISAI NTB, Rabu (5/2).

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bima Ir. H. Nggempo, M. Mt, menjelaskan, kegiatan ini adalah serah terima tenaga pendamping masyarakat (TPM) sekaligus Bimtek untuk masa kerja 2020.

“Penyerahan ini dilakukan oleh kepala bidang perencanaan wilayah dan pembangunan infrastruktur dari Bapeda Provinsi NTB dihadiri konsultan ISAI NTB,” jelas Kadis PUPR Nggempo.

Kata dia, TPM ini di bawah program IPDIP program pengembangan dan pengelolaan irigasi partisisipatif terpadu yang dilaksanakan oleh 3 OPD yaitu PUPR, Bapeda dan Pertanian.

“Tugas utama TPM ini adalah mendampingi kelompok-kelompo tani di desa sehingga nanti petani mampu atau mandiri dalam hal mengelola operasi jaringan irigasi,” jelasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Misalnya ada rehab kecil, merekalah yang melakukan, jadi tidak harus menunggu dari Dinas atau Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Katanya, mereka akan melakukan tata kelola air, misalnya ada salah yang diairi, sama-sama ingin mendapatkan air. Mereka inilah yang akan menata, mengelola, membagi, sehingga air terbagi rata sesuai jadwal masing-masing.

“Kekurangan air selama ini atau terjadi perebutan air akan dikelola sendiri oleh petani setiap irigasi atau setiap Dam yang ada di wilayah,” katanya.

Kata dia, program ini sudah berjalan 2 tahun dan berakhir di tahun 2023, TPM yang berjumlah 14 orang ini direkrut Pemerintah Provinsi NTB, yang diserah terimakan di Kabupaten Bima untuk bemitra dengan PUPR, Bapeda dan Pertanian

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Tugas TPM ini adalah merancang Profil sosial ekonomi tehnik kelembagaan, dalam hal memfasilitas, membantu masyarakat dalam hal pengelolaan air irigasi,” pungkasnya.

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, mengingatkan jajaran Dinas PUPR Kabupaten Bima memerhatikan kualitas infrastruktur harus benar-benar ditingkatkan. Langkah ini harus...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Awali  hari pertama kerja di tahun 2023, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE memimpin apel  di Dinas PUPR. Bupati didampingi Asisten...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Dari embilan yang dikerjakan Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas PUPR, telah menyelesaikan dua ruas jalan yang bersumber dari dana DAK tahun 2020....

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bima, mengusulkan perbaikan empat ruas jalan dipembahasan APBD P 2020. “Kita sudah usulkan perbaikan empat...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bima, berhasil menjadi yang terbaik pada lomba video expose kinerja berbasis teknis pembangunan. Lomba...