Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

DKP Kabupaten Bima Sosialisasi PUGAR

Sosialisasi Program PUGAR oleh DKP Kabupaten Bima, aalah satunya membahas masalah pasar garam.

Bima, Bimakini.- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bima gelar Sosialisasi Daerah (Sosda) Program Pengembangan Usaha Garam Rakyat (PUGAR), Kamis (14/5). Kegiatan di aula Kantor Bupati Bima itu diikuti 30 peserta dengan tetap memperhatikan protocol Covid-19.

Kepala DKP Kabupaten Bima, Ir Hj Nurma, MSi pemaparan secara virtual dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP tentang tata kelola garam.

“Pemerintah Kabupaten Bima telah melakukan upaya terobosan dengan memasukkan 0,5 Kg garam ke dalam bantuan paket sembako melalui program PMS Bima Ramah bagi masyarakat terdampak virus corona (Covid 19) yang pengolahan dan packingnya dilakukan oleh IKM garam,” jelasnya disampingi yang didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Ir H Ali Mahdi.

Dijelaskannya, terkait tata kelola garam rakyat, komponen biaya transportasi pemasaran masih menjadi kendala dalam persaingan pemasaran garam. “Saya mengharapkan adanya solusi berapa kuota bagi pembelian garam oleh offtaker yang menyerap produk,” ujarnya.

Sementara, Direktur Jasa Kelautan, Ditjen Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dr Miftahul Huda, M.Si mengungkapkan, pada tahun anggaran 2020 Lokasi PUGAR mencakup 23 Kabupaten pada 4 Provinsi sentra garam rakyat, termasuk Kabupaten Bima.

Dari sisi anggaran, kata dia, pandemi COVID -19 telah berdampak pada pemangkasan anggaran yang cukup signifikan, sehingga tersisa Rp 100 miliar lebih untuk daerah.

“Pagu anggaran PUGAR mengalami penurunan sebagai bentuk ikut serta dan berkontribusi dalam penanganan pandemi virus corona (Covid 19). Kabupaten Bima mendapatkan alokasi kegiatan untuk kegiatan integrasi dan diharapkan kedepannya dapat di usulkan pada tahun berikutnya,” terang Miftahul Huda.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sosialisasi juga diisi tanya jawab antara petani garam yang diwakili Arif, asal Desa Talabiu dan Ardiansyah asal Desa Sanolo, dengan Direktur Jasa Kelautan, Ditjen Pengelolaan Ruang Laut (PRL). (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Program perioritas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bima, pengembangan komoditi rumput laut di Wilayah Kecamatan Langgudu, Monta, Sape dan Palibelo. Sekretaris...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sebagai wujud kepedulian, berbagai elemen menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran di Desa Ngali, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima. termasuk Dinas Kelautan dan Perikanan...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten Bima, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan, terus menyalurkan bantuan khususnya bagi nelayan. Dipastikan, di tahun 2020 ini, bantuan yang akan...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Puluhan tempat penampung garam di Desa Talabiu, Kecamatan Woha, yang hancur akibat angin puting beliung tahun lalu. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP)...

Politik

Bima, Bimakini.- Warga, baik anak muda dan emak-emak di Desa Talabiu antusias menghadari siraturrahmi Pasangan paket dr H Irfan – H Herman Alfa Edison...