Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Total DPS di Kecamatan Bolo Sebanyak 36.003

Jumran N

Bima, Bimakini.- Total Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kecamatan Bolo pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima tahun 2020 sebanyak 36003 pemilih. Dari jumlah tersebut, pemilih perempuan sebanyak 18301 dan laki – laki sebanyak 17702.

“Sesuai DPS, jumlah pemilih di Bolo lebih banyak pemilih perempuan dibanding laki – laki,” ujar Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bolo Kabupaten Bima, Jumran N, saat dikonfirmasi di Sekretariat PPK Bolo, Rabu (16/9).

Jumran mengatakan, total Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bolo sebanyak 95, yakni di Desa Tambe sebanyak 12 TPS, Rasabou 9 TPS, Rato 11 TPS, Kananga 7 TPS, Leu 7 TPS, Timu 7 TPS. Sedangkan Desa Bontokape 5 TPS, Darusalam 5 TPS, Sondosia 6 TPS, Sanolo 7, Nggembe 6 TPS, Rada 6 TPS, Tumpu 5 TPS dan Kara 2 TPS.

“Jumlah TPS terbanyak didominasi Desa Tambe dan Rato. Yakni sesuai jumlah pemilih,” tuturnya.

Untuk rincian jumlah DPS, Desa Tambe sebanyak 4575 pemilih, Rasabou 3434 pemilih, Rato 4092 pemilih, Kananga 2648 pemilih, Leu 2762 pemilih, Timu 2607 pemilih, Bontokape 1872 pemilih, Darusalam 1932. Sedangkan Desa Sondosia 2119 pemilih, Sanolo 2824 pemilih, Nggembe 2300 pemilih, Rada 2151 pemilih, Tumpu 2139 pemilih dan Kara 548 pemilih,” ungkapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dijelaskannya, DPS ini akan ditempel oleh PPS di desa atau sekretariat masing – masing atau di lokasi yang dianggapa strategis. Hal itu dilakukan supaya warga dapat melihat daftar nama – nama di DPS. Selanjutnya dapat memberikan tanggapan atau masukan, seperti adanya warga yang belum tercakup dalam DPS dan lainnya.

“Termasuk adanya pemilih yang tidak memenuhi syarat, seperti meninggal dunia, sudah menjadi Polri dan TNI dan lainnya,” terangnya.

Ditambahkannya, pengumuman DPS dilakukan sejak tanggal 19 September hingga tanggal 28 September, setelaah itu masuk tahapan perbaikan DPS oleh PPS mulai tanggal 29 September hingga tanggal 3 Oktober mendatang.

“Tahapan ini merujuk pada PKPU Nomor 05 Tahun 2020,” bebernya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sambungnya, Rabu  akan diserahkan berkas DPS untuk diumumkan kepada PPS sekecamatan setempat dan diawasi langsung oleh Panwascam.

“Untuk menghindari asumsi negatif.  Serah terima berkas DPS disaksikan langsung oleh Panwascam,” tutupnya. (BE07)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.- Sejak dibukanya pendaftaran penyerahan syarat dukungan bagi calon Perseorangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bima, 8 Mei hingga 12 Mei 2024,...

Politik

Bima, Bimakini.- Politisi kawakan Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bima Muhammad Aminurlah menatap optimis pemilihan kepala daerah mendatang. Pengalaman tiga periode di DPRD Kabupaten...

Politik

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, akan menyeleksi ulang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilihan Bupati dan...

Politik

Bima, Bimakini.- Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 resmi dilaunching oleh KPU RI, Minggu (31/3) malam di area Candi Prambanan, Yogyakarta. Hadir Ketua...

Politik

Bima, Bimakini.- Aliansi Mahasiswa Peduli Indonesia (AMPI) akan menggelar diskusi publik tentang demokrasi di Bima, di Suhendar Coffee (Penatoi Kota Bima), Jumat 28 April...