Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Cara Memakai Sarung Agar Tidak Mudah Longgar

Bagian umat Islam terutama laki-laki dalam menjalankan ibadah tentu saja merasa nyaman jika menggunakan sarung. Selain mudah untuk melakukan aktivitas, pemakai akan tampak lebih rapi dan agamis. Oleh karena itu, banyak pihak mulai mencari cara memakai sarung yang tepat agar menjalankan ibadah menjadi lebih tenang.

Mungkin bagi sebagian orang beranggapan proses pemasangannya sangat mudah dilakukan. Sebab, sarung sendiri hanya berbentuk kain panjang yang dijahit pada bagian pangkal dan ujungnya. Namun ternyata untuk membuatnya pas di tubuh setiap pemakai, tidak semudah kelihatannya.

Terdapat beberapa cara memakai sarung agar ketika dipakai terasa nyaman. Terutama untuk meminimalisir kemerosotan ketika sedang menjalankan ibadah. Sebab, jika benar hal tersebut tentu sangat memalukan, bukan?

Tutorial Memakai Sarung yang Tepat untuk Salat
Jika Anda merupakan laki-laki muslim yang sedang belajar bagaimana cara untuk memasang sarung dengan benar. Maka sebaiknya simak beberapa tutorial berikut ini secara detail, agar hasil pemasangannya rapi dan nyaman saat digunakan.

1. Kenakan Celana Dalam yang Nyaman
Meskipun sarung memiliki fungsi untuk menutupi bagian perut hingga ke bawah. Namun, jika Anda tidak menggunakan celana dalam, rasanya akan sangat aneh. Apalagi jika Anda belum mahir benar dalam menggunakannya. Bisa saja sarung melorot.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Anda bisa kenakan celana dalam yang nyaman dengan model kolor maupun resleting. Pilih model celana pendek, sebab jika menggunakan celana panjang ujungnya akan tumpang tindih dengan sarung. Hal tersebut dapat memicu penampilan kurang menarik.

2. Pakai Sarung dan Posisikan Motifnya Biar Pas
Sarung memiliki banyak motif berbeda-beda. Biasanya yang paling populer bercorak batik atau kotak-kotak. Anda bisa menyesuaikan teknik pemasangan dengan jenis corak yang terdapat pada sarung.

Anda bisa mulai belajar dengan pakai sarung dan posisikan motifnya biar pas. Biasanya motif ini diletakkan pada bagian belakang bawah. Namun, beberapa sarung lain memiliki corak khusus bagian tengah di bagian belakang dan depan. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir jika memakai sarung dalam keadaan terbalik.

Namun, jika Anda masih ragu terkait atas atau bawah posisi sarung. Anda bisa mengecek posisi merek atau corak sebelum menggunakannya. Sehingga posisi menjadi pas dan nyaman untuk digunakan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

3. Tarik Kedua Ujungnya dan Tahan dengan Dagu
Setelah Anda memastikan posisi sarung sesuai. Anda bisa tarik kedua ujungnya dan tahan dengan dagu. Laki-laki yang sudah handal dalam proses pemakaian sarung, akan mudah melakukannya.

Tetapi jika Anda belum ahli, maka bisa melakukannya perlahan. Pertama, pastikan bahwa posisi sarung sudah benar. Kemudian, tempelkan dagu untuk menahan posisi lalu tarik salah satu ujung ke area perut. Setelah itu, Anda bisa menahannya menggunakan satu tangan dan menarik ujung sarung lainnya menggunakan sisi tangan yang kosong.

Anda bisa mulai mempelajari teknik pemakaian sarung dengan menerapkan langkah ini beberapa kali. Sebab, membuat tampilan sarung yang menarik juga membutuhkan pengalaman. Jadi, tidak bisa hanya satu atau dua kali percobaan saja.

4. Lipat Kedua Sisi Sarung ke Dalam dan Gulung
Jika Anda sudah mendapatkan posisi rapi dengan menarik kedua ujung sarung tersebut. Langkah berikutnya yaitu dengan lipat kedua sisi sarung ke dalam dan gulung. Cara ini dilakukan untuk membuat pemakaian sarung lebih kencang, sehingga tidak rawan merosot.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Namun, Anda tidak perlu memaksakan posisi terlalu kencang. Sesuaikan saja kekencangan dengan kenyamanan perut. Anda bisa menggulung lipatan hingga sampai pada posisi di atas mata kaki.

5. Atur Posisi dengan Menarik Bagian Dalam Pakaian dan Julurkan Keluar
Terakhir, Anda bisa menaikkan baju yang sebelumnya tertutupi oleh sarung. Sebab, biasanya beberapa orang lebih menyukai pakaian berada di luar daripada di dalam sarung. Selain itu, cara ini juga menjadi salah satu faktor tampil percaya diri.

Pada cara pemakaian ini, pastikan untuk menarik baju perlahan. Jangan sampai Anda terlalu bersemangat menarik bagian bawah baju hingga merusak posisi sarung yang sudah rapi. Lakukan penarikan satu persatu dari tiap ujungnya sehingga penampilan tetap rapi dan kenyaman memakai sarung bisa Anda rasakan.

Beli Berbagai Produk Ibadah Melalui Platform Blibli
Untuk bisa menerapkan setiap cara di atas sambil mempelajari langkah-langkahnya. Tentu Anda membutuhkan media, dalam hal ini adalah sarung. Saat ini terdapat banyak pilihan sarung yang bisa Anda temukan. Mulai dari beragam motif, ukiran, warna, dan beberapa merk.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Namun, untuk mendapatkannya Anda harus memperhatikan produk apa saja yang memiliki kualitas bagus. Sangat disayangkan jika asal membeli dan justru mendapat produk dengan kualitas minus.

Apalagi saat ini banyak pasar yang mengalami kebangkrutan, sehingga menemukan sarung secara offline dengan pilihan beragam cukup sulit. Alternatifnya yaitu dengan menggunakan beberapa platform digital seperti Blibli.

Blibli merupakan sebuah marketplace terpercaya yang akan memberikan berbagai macam kebutuhan. Mulai dari kebutuhan pokok, maupun peralatan ibadah baik untuk wanita maupun pria. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan sarung berkualitas hanya di Blibli.

Tentunya dengan berbagai macam penawaran menarik. Mulai dari fasilitas gratis ongkir bagi setiap penggunanya, voucher potongan harga, dan diskon yang banyak tersebar. Anda hanya perlu melakukan klaim sebelum checkout produk.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Blibli juga akan memberikan Anda sarung berkualitas dengan harga terjangkau. Selain menghemat biaya, Anda juga dapat meminimalisir penggunaan waktu untuk memilih dan datang secara langsung ke toko offline.

Bersama Blibli, setiap urusan perbelanjaan akan menjadi sangat mudah, cepat, dan efektif. Apalagi dalam urusan ibadah tidak boleh ditunda begitu saja. Pastikan Anda mempelajari cara memakai sarung dengan baik setelah melakukan pembelian sarung di Blibli.com. (*)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Perusahaan memiliki kewajiban dalam memfasilitasi karyawannya agar performa kerja lebih optimal. Selain fasilitas pokok, perusahaan juga bisa memberikan bonus kepada karyawan. Bonus karyawan ini...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.com.- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tolomango Kecamatan Raba Kota Bima, menggelar pelatihan bagi tenaga tutor atau pengajar Pendidikan Anak Usia Dini Pendikan...

Peristiwa

Dompu, Bimakini.com.- Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Dompu, Hj. Eriani  menyerahkan bantuan  50 lembar sarung untuk kaum duafa dan warga miskin di Desa Banggo...