Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

KPU Kota Bima Hadiri Sosialisasi Program DP3

Kegiatan sosialisasi yang difasilitasi Bakesbangpol Kota Bima.

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, Kamis (4/8/2022) menghadiri kegiatan Sosialisasi Program Desa/Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan, yang dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bima. Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima, Yety Safriati hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut.

Pada kesempatan itu, Yety menyampaikan materi tentang Pentingnya Demokrasi, Pemilu dan Partisipasi. Hadir sebagai peserta pada kegiatan sosialisasi tersebut adalah warga kelurahan Tanjung Kecamatan Rasanae Barat dan warga kelurahan Jatibaru Timur Kecamatan Asakota.

Mengawali pemaparannya, Yety menjelaskan tentang apa itu demokrasi, konsep dasar demokrasi, sejarah demokrasi dan juga ciri-ciri negara demokrasi. Kemudian dilanjutkan dengan pengertian Pemilu, sejarah Pemilu di Indonesia, fungsi dan manfaat Pemilu, unsur-unsur dalam Pemilu. Mulai dari penyelenggara, pemilih, peserta pemilu hingga manajemen Pemilu.

Diakhir penyampaian materinya, Yety menyampaikan beberapa hal terkait partisipasi. Mulai dari pengertian partisipasi masyarakat, bentuk partisipasi masyarakat, hingga upaya yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu dalam rangka meningkatkan angka partisipasi masyarakat.

Selain Anggota KPU Kota Bima, narasumber pada kegiatan itu juga adalah Ketua Bawaslu Kota Bima, Muhaimin, SPdi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pada kesempatan itu, Muhaimin menyampaikan materi terkait pengawasan yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu, serta bentuk pengawasan yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Kemudian bentuk-bentuk pelanggaran dan lain sebagainya.
Sementara itu, diawal acara, Kepala Badan Kesbangpol Kota Bima, Muhammad Hasyim dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan sosialisasi tersebut merupakan rangkaian awal dari pelaksanaan Program DP3 di Kota Bima.

Menurutnya, peserta yang hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut merupakan masyarakat dari dua kelurahan yang memenuhi kriteria sebaga locus atau lokasi dilaksanakan Program DP3. Dimana kriteria locus DP3 itu sendiri, yang pertama, daerah atau kelurahan dengan angka partisipasi rendah. Kedua, daerah rawan konflik dan ketiga adalah daerah rawan bencana.

Diakhir sambutannya, Hasyim berpesan kepada seluruh peserta sosialisasi untuk menyimak dengan baik materi yang disampaikan oleh para narasumber. Ia juga mengingatkan kepada peserta sosialisasi untuk bertanya, jika terdapat hal-hal yang belum dimengerti atau pahami.
“Tanyakan jika ada yang tidak dimengerti, manfaatkan kegiatan hari ini untuk bertanya segala hal yang berkaitan dengan kepemiluan,” tutupnya.

Kegiatan sosialisasi tersebut diakhiri dengan sesi tanya jawab. Peserta sosialisasi terlihat begitu aktif menanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan. Baik itu penyelenggaraan teknis, maupun pelaksanaan kegiatan pengawasan. IAN

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

KOTA BIMA, Bimakini.- Sesuai dengan Program dan Jadwal kegiatan Tahapan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024,...

Politik

KOTA BIMA, Bimakini.- Dalam rangka pembentukan Badan Adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Umum...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Menjelang penyelenggaraan Pemilihan Ketua Osis, Siswa/Siswi MTsN 2 Kota Bima, Senin (14/11/2022) berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lawata KPU Kota...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Dalam rangka meningkatkan Partisipasi Masyarakat pada penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum Kota Bima intens melaksanakan kegiatan sosialisasi...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Dalam waktu yang tak lama lagi, Komisi Pemilihan Umum Kota Bima akan melaksanakan perekrutan Badan Adhoc yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)...