Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Banjir Terus Menghantui, AKJ – SYAH Minta Hutan Kembali Dilestarikan

Abdul Kader Jaelani – H Sahrul Parsan ST, MT

Dompu, Bimakini. – Bupati dan Wakil Bupati Dompu, Abdul Kader Jaelani – H Sahrul Parsan ST, MT., (AKJ – SYAH) meminta kepada s eluruh elemen masyarakat Kabupaten setempat untuk kembali melestarikan hutan.

Hal itu disampaikannya mengingat beberapa wilayah di Kabupaten Dompu akhir-akhir ini terus diserang banjir bandang yang mengakibatkan ratusan rumah, lahan pertanian dan hewan ternak warga hanyut terseret arus.

“Kita akan optimalkan melakukan penghijauan, menjaga lingkungan itu paling penting. Jangan pernah berfikir setiap ada bencana ada bantuan dari pusat, tetapi kita harus menumbuhkan kesadaran masyarakat agar sama-sama memperbaiki hutan,” kata Bupati Dompu, Abdul Kader Jaelani saat didampingi Wakilnya, H Syahrul Parsan ST, MT., dan Ketua DPRD Dompu, Andi Bachtiar, Senin (01/02).

Selain optimalkan penghijauan, katanya dalam waktu dekat mereka akan melakukan pembatasan terhadap masyarakat yang ingin memperluas lahannya di areal kawasan hutan. Sementara lahan yang sudah terlanjur akan dilakukan penghijauan tanpa mengganggu aktifitas pertanian petani jagung.

“Kami akan turun dan berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk memulai menghentikan semuanya, menghentikan ekspansi kawasan hutan. ADD/DD juga bisa dialokasikan untuk penghijauan supaya hutan kembali lestari,” terangnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Karena persoalan hutan merupakan kewenangan pemerintah Provinsi, dirinya akan meningkatkan koordinasi sebagai upaya pencegahan secara bersama.

“Benar bahwa persolan hutan dialihkan ke pemerintah Provinsi, tetapi ini hutan di daerah kita. Jadi, kita sendiri yang harus menjaganya,” tegasnya.

Dijelaskannya, untuk agenda utama usai serah terima jabatan Bupati Dompu dari Plh Bupati, dirinya akan memprioritaskan penanganan pasca banjir bandang yang menimpa warga desa Daha, Rasabou dan Marada Kecamatan Huu.

“Kita sedang dilanda bencana alam, kita prioritaskan membantu warga yang terdampak banjir,” terangnya. (BE11)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Bupati Dompu, H Kader Jaelani (AKJ) kembali dituntut agar dapat menstabilkan harga jagung petani. Selain itu, Bupati AKJ juga dituntut agar...

Peristiwa

Dompu, Bimakini – Setelah bentrokan terjadi antara massa aksi dari Aliansi Tani Menggugat yang menuntut kenaikan harga jagung dengan aparat Kepolisian di Kecamatan Manggelewa...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Sebanyak 32 bidan pendidik (D4) yang telah dinyatakan lulus seleksi pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Banjir yang terjadi Rabu (21/2/2024) malam di Desa Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima, menyebabkan satu jembatan putus. Selain itu sejumlah rumah...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pj. Wali Kota Bima, H. Mohammad Rum, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) untuk mengantisipasi potensi luapan banjir di DAS Padolo, Senin 12...