Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Rum Dukung Zulkieflimansyah Lanjutkan TGB

HM Rum

Kota Bima, Bimakini.- Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima, Ir H Muhammad Rum, siap mendukung Dr Zulkieflimansyah, Phd, dalam bursa Pilkada Gubernur NTB 2018 mendatang. Pria asal Sumbawa itu dinilai mampu meneruskan ikhtiar Gubernur NTB Dr HM Zainul Majdi, MA atau Tuan Guru Bajang (TGB) membangun daerah ke depan.

Menurut Rum, Bang Zul (sapaan akrab Zulkieflimansyah) sosok muda berbakat dan perlu didukung bersama. Hal itu bisa dilihat dari sederet prestasi yang pernah ditorehkan putra kelahiran Sumbawa Besar, 18 Mei 1972 silam itu. Zul mendapat gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 1995 dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) dan tempat mengajar untuk program S1, S2, dan S3 sampai sekarang. Postgraduate Programme ditamatkan di Strathlyde Business School, University of Strathclyde di United Kingdom (UK) pada tahun tahun 1997. Lalu, Zul juga meraih gelar M.Sc in International Marketing dari Department of Marketing.

“Tahun 1998 mengikuti program Master kembali dalam bidang Industrialization, Trade and Economic Policy di Department of Economics dan selanjutnya  pada tahun 2001 menyelesaikan program Doktoralnya di Departemen yang sama,” ujar Rum.

Zulkieflimansyah.

Ketua Nahdlatul Wathan Kota Bima ini menjelaskan, sejak kanak-kanak, berbagai perlombaan dan prestasi dimenangkannya di Sumbawa Besar. Puncaknya, mewakili NTB pada kompetisi pertukaran pelajar Indonesia Australia.

Zul bersekolah di Darwin High School di Darwin dan di Sadadeen Secondary College di Alice Springs. Pengalaman tinggal bersama keluarga Australia yang melakoni bisnis Outback Freight Business Service. Ketika kuliah di UI, lanjutnya, berbagai aktivitas dan prestasi juga ditorehkan. Di antaranya mahasiswa berprestasi UI bidang penalaran tahun 1994. Pemenang pertama lomba menulis mahasiswa bidang ekonomi tingkat nasional.

“Bang Zul juga menjadi pemenang lomba menulis mahasiswa dalam Bahasa Inggris. Diselenggarakan oleh Japan Airlines (JAL) di UI maupun tingkat Nasional,” jelasnya di Kelurahan Sadia, Minggu.
Dijelaskannya, JAL kemudian mensponsori belajar di Sophia University Tokyo, Japan tentang Comparative Asian Industrial System.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Zul juga berinteraksi dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan sebagai aktivis kampus. Periode 1994 hingga 1995, dipercaya mahasiswa UI sebagai Ketua Senat Mahasiswa tingkat Universitas. Kini menjelma menjadi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI.

“Yang saya kagumi, Bang Zul punya prinsip belajar merupakan kebutuhan untuk senantiasa meningkatkan kapasitas,” ungkap Rum.

Selain degree programme yang ditempuhnya di Glasgow, Zul juga menempuh pendidikan lanjutannya di Kennedy School of Government, Harvard University (USA). Di Institute for New Technology, Maastricht (The Netherlands), Science and Policy Research Unit di University of Manchester (UK) serta di University of Dundee (Scotland).

“Itu membuat Zul sebagai Senior Research Fellow, Kennedy School of Government, Harvard University, USA,” beber mantan kepala Dinas
Pekerjaan Umum, Pertambangan dan Energi Kota Bima ini.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dasar keilmuannya itu, kata Rum, mengantarkan Zul menjadi anggota DPR RI tahun 2004 hingga 2009 lalu. Bahkan, Zul diberi kepercayaan duakali untuk menduduki jabatan yang sama dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Hebatnya lagi, kata dia, Zul melangkah ke legislatif bukan melalui Dapil NTB, melainkan Dapil Banten 2. Dua tahun mengabdi, Zul dipercaya menjadi Wakil Ketua Komisi XI DPR RI. “Walau bekecimpung di dunia politik, Zul tetap menulis. Terbukti penghargaan grant penelitian tingkat nasional,” katanya.

Berkat tulisannya tersebut, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menobatkan Zul sebagai peneliti muda terbaik Indonesia. Itu dalam bidang Ekonomi dan Management tahun 2003. Segudang ilmu yang dimiliknya tersebut bukan tidak hanya didedikasikan di luar Pulau Sumbawa saja. Dia mendirikan Universitas Teknik Sumbawa.

“Ini sebagai bentuk kepeduliannya terhadap daerah., di mana Zul ingin menjadikan generasi NTB memiliki kemampuan setara dengan jebolan luar negeri,” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Melihat seabrek prestasi tersebut, Rum mengaku tidak ragu mendukung Zul. Apalagi akan melanjutkan ikhtiar melanjutkan pembangunan yang dicita-citakan TGB. (BE28/*)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Mataram, Bimakini.- Pilkada NTB telah berakhir, dan KPU NTB sudah menetapkan pasangan Dr Zulkieflimansyah dan Dr Sitti Rohmi Djalilah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur...

Politik

Bima, Bimakini.- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bima menemukan ketidaksesuaian antara DPT dengan C6 saat pemunggutan suara Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur NTB. Komisioner Panwaslu Kabupaten...

Politik

Sumbawa Besar, Bimakini.- Tidak ada keraguan lagi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc—Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah M.Pd unggul...

Politik

Mataram, Bimakini.- Proses rekap pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB oleh DPW PKS dan DPD Demokrat hampir memasuki babak akhir. Perhitungan form C1 KWK...

NTB

Mataram, Bimakini.- Calon Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah, menyatakan komitmennya untuk terus membangun prestasi olahraga NTB, jika ia terpilih menjadi Gubernur NTB periode lima tahun...