Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Disdukcapil Kini Sasar Sekolah

Sirajudin

                                                        Sirajudin

Bima, Bimakini.- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bima kini menyasar sekolah untuk pelayanan  pengurusan Akta Kelahiran. Sekarang ini anak  umur 0-18 tahun digratiskan pembuatan Akta Kelahiran-nya.

Kebijakan baru ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan segera mengurus dokumen Akta Kelahiran. Untuk  memaksimalkan kepemilikan dokumen akta ini, Disdukcapil telah bersurat pada seluruh Camat dan Kepala Sekolah agar dapat memanfaatkan momentum ini.

“Iya kita sudah bersurat pada Camat dan jajaran pendidikan agar segera menyampaikan pada masyarakat dan siswa,” ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Bima, Drs Sirajudin, MM.

Sirajudin mengatakan, sesuai surat Mendagri batas waktu untuk kepengurusan dokumen akta kelahiran menyeluruh  pada seluruh wilayah sampai dengan 31 Desember 2016 ini dan ditargetkan dapat terealisasi sampai 77,4 persen  pada setiap daerah.

Di Kabupaten Bima, jumlah anak usia 0-18 tahun sebanyak 173.000 dan sudah terekam dalam pendataan  sebanyak 71 persen. “Artinya dari target tersisa 3 persen saja,” katanya kepada wartawan, Kamis (08/09) di Disdukcapil.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Untuk memaksimalkan pencapaian target ini, kata Sirajudin, Disdukcapil sudah bersurat pada Camat dan Kepala Sekolah agar siswa  dapat mengurus segera Akta Kelahiran dan digratiskan.

Diakuinya pula,  beberapa sekolah di Kecamatan Woha sudah didata menggunakan sistem “jemput bola” oleh petugas. Namun, untuk sementara karena jumlah petugas terbatas, untuk sementara ini hanya dapat dilakukan pada sekolah yang dekat saja.

Untuk itu, diharapkan seluruh jajaran agar dapat memanfaatkan momentum ini agar anak-anak tidak ada lagi tidak memiliki dokumen Akta Kelahiran. (BK32)

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x