Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

40 Ton Benih Padi Bersubsidi di Madapangga Siap Disalurkan

Akhyar Anis

                                                              Akhyar Anis

 

Bima, Bimakini.- Sebanyak 40 ton benih padi bersubsidi untuk Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima siap disalurkan. Penyaluran itu sesuai jumlah lahan 1.600 hektare (Ha) yang diusulkan oleh Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura kecamatan setempat.

Penyaluran benih padi tersebut dilakukan untuk menghadapi Musim Hujan (MH) tahun 2016 ini.
Kepala UPTD Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kecamatan Madapangga, Ahkyar Anis, SP, mengatakan sebanyak 40 ton benih bersubsidi itu akan disalurkan untuk 80 kelompok. Yakni varietas unggulan Ciherang, Cigeulis, dan Situbagendit. “Semua benih tersebut berlabel ungu,” katanya di Madapangga, Rabu.

Terkait penyaluran benih itu, para petani diwajibkan membayar Rp250/kilogram (Kg). Sejauh ini sudah dua desa yang telah disalurkan, yakni Desa Campa dan Desa Tonda. Desa lainnya akan disalurkan Kamis, sampai seluruh Kelompok Tani (Poktan) setiap desa.

“Intinya penyaluran benih sekarang dilakukan berkelanjutan sampai seluruh kelompok yang didata untuk mendapatkan bantuan benih bersubsidi selesai,” jelasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Diakuinya, proses penyaluran benih bersubsidi ini sengaja bergandengan dengan Babinsa, PPL, dan Pemerintah Desa setempat untuk pengawalan langsung.

“Hal itu dilakukan agar terhindar dari asumsi atau spekulasi dari pihak manapun terkait penyaluran benih tersebut. Penyaluran baru bisa dilakukan setelah semua unsur yang berkompeten hadir pada saat penyaluran,” katanya. (BK36)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait