Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Bupati: Momentum HGN Ajang Merenungi Peran

Bupati Bima saat menjadi inspektur upacara peringatan HGN dan PGRI, Jumat.

Bupati Bima saat menjadi inspektur upacara peringatan HGN dan PGRI, Jumat.

Bima, Bimakini.- Momentum upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2016 dan HUT ke-71 PGRI   tingkat Kabupaten Bima bisa dijadikan ajang  bagi  pendidik untuk  merenungkan kembali peran yang dilaksanakan dalam membangun bangsa.
Demikian dikatakan Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, saat menyampaikan amanat Mendikbud RI, Jumat lalu di halaman persiapan kantor Pemkab Bima.

“Guru memiliki peran yang amat mulia dan amat strategis, sebab ditangan para guru, pamong, dan tenaga kependidikan, masa depan bangsa kita menjadi taruhan,” tuturnya.

Melalui anak-anak peserta didik di sekolah, sanggar belajar,  akan menentukan masa depan bangsa. “Tidak ada sosok sukses yang tidak melewati sentuhan seorang guru. Kita bisa berdiri tegak saat ini, juga karena pernah di didik oleh para guru,” ungkapnya.

Dikatakannya,  pemerintah selama ini telah mengupayakan banyak hal agar para guru semakin profesional. Namun, upaya itu akan sia-sia belaka tanpa keinginan keras dari pihak guru itu sendiri. pemerintah telah bertekad meningkatkan kesejahteraan guru melalui pemberian tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik.

Saat itu,  Sekretaris Pengurus PGRI Kabupaten Bima, Drs Chaerunnas, MPd, menjelaskan tahun 2016, terdapat 14.043 guru  yang terdiri dari 5.385 PNS dan 7.419 guru non-PNS. Berdasarkan kualifikasi  pendidikan, terdapat 2 guru  berkualifikasi S3, 34 guru S2, 13.108 guru berkualifikasi  S1 dan  315 guru belum Sarjana.

Berkaitan data guru sertifikasi, saat ini 4.288  guru bersertifikasi, 267 guru belum sertifikasi. PLPG sebanyak 240 orang  dan 194 orang Pengawas.  (BK29)

 

Share
Komentar

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Penyerahan sejumlah hadiah lomba dilakukan oleh  Dinas Dikpora Kabupaten Bima saat peringatan Hari Guru Nasional (HGN), Jumat lalu di lapangan persiapan kantor...