Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Senyum Manis Polwan di Traffic Light Itu…

Anggota Polwan Sat Lantas Polres Bima Kota saat sosialisasi berkendara, Selasa (22/11/2016).

Anggota Polwan Sat Lantas Polres Bima Kota saat sosialisasi berkendara, Selasa (22/11/2016).

Kota Bima, Bimakini.- Suasana di jalan Soekarno Hatta, tepatnya di perempatan traffic light gunung dua, Selasa (22/11/2016) pagi terlihat ramai. Sejumlah perempuan berseragam coklat, “memasang” senyum ditepi jalan.

Para Polwan itu berdiri dipinggir jalan, memegang papan yang berisi pesan, sembari terus memberi senyum. Papan itu ada yang bertuliskan, nyalakan lampu kendaraan siang hari, gunakan helm, serta sabuk pengaman.

Ada juga yang membagikan brosur, sambil menjelaskan tentang terib berlalu lintas. Sikap itu memberi rasa nyaman bagi pengendara yang berhenti ketika tanda lampu merah menyala. Karena itu bukan razia kendaraan, namun edukasi berkendara yang aman.

Salah satu diantara mereka adalah Bripda Novianti. Dia terus tersenyum pada pengendara, sesekali mengajak bicara. Menjelaskan  tentang kegiatan, sehingga membuat pengendara seperti merasa nyaman. “Iya Pak, ini bagian dari operasi Zebra yang akan dilaksanakan sampai tanggal 29 November,” terangnya pada salah seorang pengendara.

Sedangkan anggota Sat Lantas Polres Bima Kota yang pria memberi edukasi dengan menggunakan pengeras suara. Sikap ramah juga mere tunjukkan, sehingga pengendara merasa nyaman.

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Anggota Polwan saat memberikan brosur ke pengendara.

Anggota Polwan saat memberikan brosur ke pengendara.

Sementara itu, PLT Kabag Humas Polres Bima Kota, IPDA Suratno mengatakan mereka yang melakukan kegiatan itu adalah Unit Dikyasa Sat Lantas Polres Bima Kota. Yakni sosialisasi keselamatan dalam berkendara dan pelaksanaan operasi Zebra Gatarin 2016.

“Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan menumbuhkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dibidang Kamseltibcar lantas agar tercipta situasi lalu lintas yang aman tertib dan lancar serta meningkatnya ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, bertujuan menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Penyebab kecelakaan karena kurangnya disiplin dalam berlalu lintas.

“Kegiatan sosialisasi tersebut juga disampaikan oleh unit Dikyasa Sat Lantas pada saat menjadi pembina upacara di sekolah sekolah di Kota Bima baik SMP dan SMAN dan dilaksanakan dua kali dalam sebulan,” terangnya. (BK.25)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Kasat Lantas Polres Bima Kota, Novit Haru Prasetyo, S.Tr.K, S.I.K., hari ini mengumumkan hasil akhir Operasi Zebra Rinjani 2023 untuk minggu...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Ratusan pengendara terjating  Ops Zebra Rinjani 2023 yang digelar oleh Satuan Lalulintas Polres Bima Kota Polda NTB mulai  04 September 2023. Selama...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Operasi Zebra Rinjani Tahun 2023 memasuki hari ke-7 pada Minggu (10/09/23) kemarin, yang digelar serentak seluruh Indonesia hingga 17 September mendatang. Kapolres Bima,...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-Satuan Lalu Lintas Polres Bima Kota Nusa Tenggara Barat, menilang sedikitnya ratusan kendaraan serta memberikan sejumlah sanksi kepada para pengendara yang melanggar...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini.- Hasil Operasi Zebra Gatarin Polres Dompu selama 14 hari, dimulai 23 Okteber – 5 November dominan pelanggaran helm. Kasadaran pengendara untuk mengenakan...