Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Ingat! Disdukcapil harus Benahi Administrasi Kependudukan

DOK Humaspro: Bupati Bima saat Sidak di Disdukcapil, Selasa lalu.

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj  Indah Dhamayanti Putri, meminta seluruh jajaran Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) agar membenahi seluruh administrasi kependudukan. Imbauan itu  disampaikan saat Inspeksi Mendadak (Sidak) di dinas setempat, Selasa (10/4) lalu.

Sebelumnya, bupati melaksanakan Sidak pada Bakesbang dan Dinas Pekerjaan Umum.

Dijelaskannya, tiba di ruangan kerja Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil, Zunaidin, SSos, MM, Bupati menekankan pentingnya penataan dan pengelolaan dokumen kependudukan. Tuntutan masyarakat akan pentingnya pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil yang cepat dan transparan, perlu didukung aparatur yang tanggap.

Bupati mengharapkan agar aparatur  RT/RW lebih berperan aktif mendata  dan menyediakan data penduduk yang mutakhir (update). Jika pengurus RT dan RW menjalankannya,  maka pendataan akan tepat dan data kependudukan akurat akan bermanfaat bagi perencanaan pembangunan dan mengatasi masalah yang terjadi.

Untuk itu, ingatnya, semua perlu dibenahi, terutama peningkatan pengetahuan dan keterampilan para aparatur di desa sebagai ujung tombak pelayanan administrasi kependudukan. “Apabila aparatnya dibina, maka Insyaallah semua masalah akan dapat ditangani baik,” terangnya.
Koordinator KOMPAK Kabupaten Bima, Asrul, mengatakan bahwa kehadiran KOMPAK di Kabupaten Bima telah memfasilitasi beberapa kebutuhan peningkatan kapasitas aparatur. KOMPAK telah membantu pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) di kecamatan pilot project yang  terhubung dengan basis data terpadu. (BK29)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait