Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Bang Zul: Pemda Jangan Main “Injak Kaki” Pengusaha

Dr. H. Zulkieflimansyah berdialog dengan sejumlah pengusaha lokal, akhir pekan kemarin.

Giri Menang, Bimakini.- Muncul dengan jargon “Hadir untuk mengatasi kemiskinan dan pengangguran”, calon Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mengatakan modal utama, atau disebutnya mesin untuk pembangunan ekonomi di NTB adalah dunia usaha.

“Di zaman ekonomi terbuka saat ini, termasuk MEA itu punya satu prasyarat bahwa engine of economic growth, mesin ekonomi itu adalah dunia usaha. Tugas pemerintah adalah steering the wheel seperti kendalikan kemudi,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Sehingga menurut tokoh yang akrab disapa Bang Zul ini, mesin ekonomi NTB sebenarnya tidak bergantung pada siapa gubernur atau bupatinya. Melainkan, bagaimana dunia usaha mampu beroperasi di di NTB. Untuk itu, tugas pemerintah dalam era ekonomi terbuka sekarang ini tidaklah menempati poros yang begitu penting.

“Asal dia nggak ngerecokin pengusaha saja sudah bagus. Nah ini paradigma yang harus betul-betul diresapi, jangan sampai jadi pemerintah seperti penguasa. Bukan kalau minta izin dipersusah, ada kesalahan sedikit diinjek kakinya, disuap baru bisa keluar uangnya. Nah ini yang nggak boleh,” lontarnya.

Tugas pemerintah yang dimaksud Politisi PKS ini adalah melayani kepentingan dunia usaha. Karena nantinya, dunia usaha yang akan menyelesaikan segala persoalan kemiskinan dan pengangguran di NTB. Melihat potensi investasi yang sangat luar biasa di NTB, Bang Zul menyebut ini menjadi kesempatan pemerintah untuk menyediakan infrastruktur dan situasi yang kondusif untuk datangnya investasi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Tugas pemerintah di ekonomi terbuka sekarang itu benar-benar menyediakan infrastruktur. Sehingga investor datang itu benar-benar karena dia senang, bukan dia datang investasi dia tanya fee-nya buat dia berapa,” sindirnya.

“Contoh Mandalika jadi destinasi luar biasa di tempat kita nanti. Berapa banyak pekerjaan yang akan muncul di situ? Tapi tidak mungkin masyarakat sejahtera kalau kita jadi penonton saja. Kalau orang kita tidak punya kemampuan apa-apa, kita jadi penonton, protes, demo dan sebagainya. Makanya, teman-teman lokal ini perlu di-upgrade kapasitasnya, jadi pengangguran kemiskinan dengan sendirinya akan teratasi,” tambahnya.

Selain itu, sebagai putra daerah yang terdorong untuk maju dalam Pilkada 2018, Bang Zul mengatakan, mestinya tokoh yang maju sebagai calon gubernur atau bupati/walikota adalah orang yang sudah selesai dengan segala urusan diri pribadinya. Sehingga bisa benar-benar fokus mengabdi hanya demi kepentingan masyarakat.

“Orang yang jadi gubernur, bupati itu mestinya orang yang sudah selesai dengan dirinya. Ini cara dia berterima kasih kepada masyarakat, karena dia sudah mendapatkan banyak di masyarakat,” pungkasnya. (BK37/*)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Komitmen pemerintah untuk menangani masalah anak kerdil (stunting) ditunjukkan dengan berbagai upaya. Salah satunya seperti yang dilakukan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Calon Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah, menyatakan komitmennya untuk terus membangun prestasi olahraga NTB, jika ia terpilih menjadi Gubernur NTB periode lima tahun...

Pendidikan

Sumbawa Besar, Bimakini.- Pendiri Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Dr. H. Zulkieflimansyah bertemu calon mahasiswa baru UTS yang akan mengikuti tes masuk jalur beasiswa Tau...

NTB

Sumbawa Besar, Bimakini.- Pendiri Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Dr. H. Zulkieflimansyah melepas puluhan lulusan SMK Al-Kahfi Angkatan ke-II tahun 2017-2018 di Pondok Modern Al-Kahfi...

Politik

Mataram, Bimakini.- Dr. H. Zulkieflimansyah menanggapi santai hasil survei Populi Center yang menunjukkan keunggulannya jika berpasangan dengan Sitti Rohmi Djalillah sebagai Calon Gubernur dan...