Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Penerapan Satu Jalur Urai Kepadatan Kendaraan

Kendaraan di jalur Soekarno Hatta yang menuju arah barat.

Kota Bima, Bimakini.- Kepadatan kendaraan yang selama ini terlihat pada jalan Gajah Mada dan jalan Soekarno-Hatta, terlihat lenggang semenjak rute satu jalur diuji coba, Sabtu (09/12). Risiko kecelakaan pun diharapkan bisa berkurang.

Kasat lantas Polres Bima Kota, IPTU Donny Wira Setiawan, mengatakan banyak hal positif dari penerapan satu jalur.

Selain Kota Bima, sebelumnya juga sudah diterapkan di Kabupaten Sumbawa. “Untuk di Kota Bima, banyak manfaat ke depan, terlebih terus menambahnya volume kendaraan,” tuturnya ditemui usai launching, Sabtu.

Dia mengatakan, penerapan satu jalur dapat mengatasi beberapa masalah, contohnya kemacetan dan kepadatan kendaraan pada satu jalur jalan.

Satu jalur, kepadatan kendaraan di satu jalan tidak terjadi. “Apabila dua jalur, akan ada penumpukan kendaraan. Itu pentingnya jalan satu jalur dan Kota Bima sudah layak,” ucapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dampak lain, sambung dia, pengurangan risiko kecelakaan dan hal itu membantu petugas ke depan mengatasi masalah kepadatan kendaraan.

“Bukan saja dari sisi lalu lintas, akan tumbuh sentra ekonomi baru pada beberapa titik yang selama ini sepi lalu lintas kendaraan,” katanya.

Setelah dipantau, koreksi dia, di jalan Gajah Mada perlu ada perhatian ke depan dari Pemerintah Daerah untuk pelebaran jalan. “Saya lihat di jalan Gajah Mada masih tidak memadai dan ke depan perlu diperlebar lagi,” terangnya.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dishub untuk evaluasi, jika ada masukan dari masyarakat terkait penerapan satu jalur.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Masyarakat agar memperhatikan rambu lalu lintas yang terpasang, sehingga uji coba dapat berlangsung maksimal,” harapnya lagi. (DED)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sejak uji coba pada awal tahun 2018 lalu, status jalan satu arah di Kota Bima masih uji coba. Belum ada peraturan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Ketua DPRD Kota Bima, Syamsurih, SH menginstruksikan Komisi terkait memanggil jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) untuk mempertayakan soal tidak jelasnya penerapan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sorotan keras Wali Kota Bima pada jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) atas semrawutnya penerapan satu jalur, mendapat tanggapan. Kepala Dishub Kota Bima,...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi, SE memberikan instruksi tegas pada Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bima terkait masih amburadulnya pengaturan jalan...

Peristiwa

Kota Bima,  Bimakini. – Penerapan satu jalur disejumlah titik kian semrawut. Banyak pengendara malah melanggar aturan dan kerap melawan arah. Pantauan Bimakini.com,  Sabtu dan ...