Politik

Hari Ini, KPU Tetapkan Pasangan Calon

Rapat koordinasi pengamanan pengumuman dan pengundian nomor urut, Ahad.

Kota Bima, Bimakini.- Hari ini, Senin (12/2) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima akan menetapkan Pasangan Bakal Calon (Balon), menjadi Calon. Penetapan itu untuk Balon yang diusung oleh partai dan calon perseorangan yang memenuhi syarat minimal dukungan 10.435.

Untuk pengamanan pengumuman Senin (12/2) dan pengundian Nomor Urut, Selasa (13/2), KPU Kota Bima menggelar rapat koordinasi, Ahad (11/2). Hadir dalam pertemuan di aula KPU Kota Bima itu, Plt Sekda Kota Bima, Dr Syamsuddin, Kapolres Bima Kota, AKBP Bagus Winarta, SIK, Dandim 1608 Bima, Letkol Inf Bambang K, Kepala Dinas Sat Pol PP dan Damkar, Drs Kaharuddin, Kepala Kesbangpol Kota Bima, Achmad Fathoni, Partai Politik dan Tim Penghubung Pasangan Balon, serta Panwaslu Kota Bima. Selain itu, hadir juga Dishub Kota Bima dan Sat Lantas Polres Bima Kota untuk penempatan personel mengatur arus lalu lintas.

Ketua KPU Kota Bima, Bukhari, SSos mengatakan, Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon akan digelar di aula KPU.  Pengumuman penetapan akan mengundang partai politik (Parpol) dan Tim Penghubung  Balon Perseorangan.

“Empat Pasangan Bakal Calon juga diundang untuk menghadiri pleno pengumuman penetapan Calon Wali KOta Bima,” ujarnya di KPU Kota Bima, Ahad (11/2).

Selain itu, kata Bukhari, mengundang DPRD Kota Bima, Kepolisian, TNI, juga Pemerintah Kota Bima. Penetapan ini, KPU membacakan hasil pleno komisoner.

Pada rapat koordinasi tersebut, juga dibahas tentang rekayasa lalu lintas saat pasangan calon dan pendukung datang ke lokasi. Bahkan diundi juga posisi duduk pendukung pasangan calon di ruangan. Termasuk tempat parkir kendaraan, agar lebih tertib.

Berdasarkan  kesepakatan, Pasangan H Arahman-Hj Fera Amelia (MANuFER) akan start dari  Kelurahan Sadia, kediaman calon Wali Kota Bima. Pasangan Lutfi-Feri akan start dari Kelurahan Jatiwangi, dari kediaman calon. Pasangan Subhan-Wahyudin (SW) akan start dari Rabangodu Utara.

Calon SW dan MANuFER, akan parkir kendaraan dengan pendukung di Taman Ria. Selanjutnya berjalan kaki menuju Paruga Nae. Sedangkan  Calon dan Tim Lutfi-Feri akan parker di cabang Malake, selanjutnya jalan menuju Paruga Nae.

Dikatakan Bukhari, masing-masing Calon diundang dengan pendukungnya sebanyak 30 orang. Meskipun ada keinginan dari masing-masing tim menghadirkan lebih banyak pendukung.

“Kami imbau agar tidak menghadirkan lebih banyak pendukung dari yang sudah diundang oleh KPU,” ujarnya.

Untuk itu, kata dia, Polres, TNI, Sat Pol PP dan Dishub siap mengamankan. Dishub akan bertugas untuk mengatur kelancaran lalu lintas, Sat Pol PP dan Kepolisian akan mengamankan asset-aset.

“Sementara tanggal 14 malam, akan dilakukan penertiban alat peraga  oleh Sat Pol PP, diawasi Panwaslu, KPU Kota Bima dan dibackup keamanan dari kepolisian,” terangnya. (IAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 45
    Shares
To Top