Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

TGB Luncurkan “TGBNomic”

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, meluncurkan sebuah buku berjudul “TGBNomic”. Peluncuran tersebut digelar pada Acara Malam Dana untuk Lombok Sumbawa dan Peluncuran Buku TGBNomic, di Ballroom Ayana MidPlaza Hotel Jakarta, Jumat Malam (14/9/2018).

Sejumlah Menteri Kabinet Kerja hadir menyaksikan peluncuran buku “Ikhtiar NTB untuk Indonesia” itu.

Gubernur menjelaskan buku TGB Nomic ditulis untuk membentuk satu gambaran utuh pembangunan di NTB. Termasuk dinamika pembangunan yang luar biasa, seperti pembangunan ekonomi, penurunan angka pengangguran, penurunan angka kemiskinan serta gini rasio yang dapat ditekan. Sehingga NTB mendapatkan apresiasi dari UN untuk daerah yang paling baik untuk pelaksanaan MDGs.

“Saya berharap buku ini menjadi tambahan inspirasi bagi pemimpin muda yang saat ini lahir di Indonesia. Semoga menjadi kontribusi positif bagi semua,” ungkap Gubernur peraih ratusan penghargaan itu.

Gubernur juga menyampaikan tiga pandangan umum terkait pengalaman membangun NTB selama 10 tahun. Ia menceritakan, ketika dilantik menjadi Gubernur, usianya baru 36 tahun. Menurutnya, usia 36 tahun dinilai masih relatif muda untuk menjadi pemimpin. Namun ia menegaskan, kemudaan adalah keberkahan sekaligus tantangan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Maka, diawal kepemimpinannya itu, ia menerapkan kepemimpinan fungsional. Yaitu, semua unsur pembangun di NTB memiliki peran yang sama pentingnya. Mulai dari unsur birokrasi hingga unsur terkecil di masyarakat.

Kemudian, pengalaman lain yang diceritakan TGB malam itu, mengenai NTB yang memiliki keterbatasan fiskal. Namun, untuk mengatasi itu lanjut TGB, mencari modal sosial yang ada di masyarakat. Termasuk tatanan nilai yang tumbuh dan berkembang di masyarakat NTB.

Bahkan NTB merupakan satu-satunya daerah yang memiliki Perda Bale Mediasi. Yaitu, perda untuk mengatur agar konflik konflik yang terjadi di masyarakat tidak berakhir di pengadilan.

“Banyak instrumen untuk menyelesaikan masalah,” tegas TGB.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Hal terakhir yang disampaikan Gubernur terkait dengan keberagaman dan persatuan. “Pelajaran yang dirasakan NTB, apa yang sering Presiden sampaikan adalah, keragaman ada persatuan. Kami diilhami Islam Rahmatan Lil Alamiin. Walaupun perda yang kami susun diilhami oleh nilai Islam. Namun dirasakan manfaatnya oleh semua. Ada kasih sayang, ada saling membantu,” jelas TGB.

Sehingga sikap moderat itu kata TGB, akan melahirkan toleransi dan sifat gotong royong untuk membangun bangsa. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Pemerintah Provinsi NTB melalui Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin Amy, menyampaikan apresiasinya terhadap prestasi terkini Gubernur NTB periode...

Politik

Mataram, Bimakini.- Nama-nama calon menteri Jokowi-Ma’ruf Amin terus menyeruak. Partai politik maupun ormas menyodorkan kader mereka. Lembaga Kajian Publik dan Politik M16 menilai Gubernur...

NTB

Mataram, Bimakini.- Senin (17/9/18), genap sepuluh tahun sudah Gubernur NTB, Dr. TGH Zainul Majdi, mengabdi untuk NTB. Sebuah perjalanan panjang untuk membangun dan memberikan...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB menggelar penggalangan dana di Jakarta. Penggalangan dana tersebut bertajuk “Malam Dana untuk Lombok Sumbawa dan Peluncuran Buku TGBNomic”, di Ballroom...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, DR. TGH. M. Zainul Majdi memenuhi kewajibannya sebagai warga negara baik. Yaitu, melaporkan dan mengisi formulir laporan pajak tahunan orang...