Hukum & Kriminal

Dirazia, Seorang Mahasiswa Sempat Ngotot

Salah satu pengendara yang dirazia petugas dan membawahnya ke pos.

Kota Bima, Bimakini.- Rabu siang (9/1) Satlantas Polres Kota Bima razia rutin di sekitar lampu merah Pasar Bima. Sasaran utamanya adalah pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm.

Keadaan tersebut terlihat membuat bingung para pengendara yang melintas. Tidak sedikit dari para pengendara sepeda motor memilih putar balik dan melawan arah. Karena selain lampu merah yg tidak berfungsi, umumnya mereka panik karena takut dirazia.

Razia yang berlangsung selama kurang lebih sejam ini berhasil menjaring puluhan pengendara. Selain tidak memakai helm, kebanyakan dari mereka tidak memiliki kelengkapan surat-surat. Sehingga mau tidak mau motor mereka harus ditahan.

Seperti yang dialami Gufran, mahasiswa semester tiga pada salah satu perguruan tinggi di Kota Bima. Mahasiswa yang pada saat motornya dirazia masih mengenakan jas almamater, terlihat bersikeras mempertahankan kunci motor dari sitaan petugas.

Setelah beberapa lama berdebat alot dengan beberapa petugas akhirnya dia melunak dan menyerahkan kunci motor. Kemudian menyadari kesalahannya.

Diakuinya dirinya sangat kesal karena motor yang disita petugas merupakan satu-satunya kendaraan yang dipakai untuk berangkat kuliah. “Rumah saya di Palibelo bang, tiap hari pulang balik,” ketusnya.

Keberaniannya melawan petugas sempat mengundang kerumunan dan menarik perhatian warga disekitar pos jaga.

Gufran merasa bingung dengan razia yang dilakukan petugas di tengah ketidakberaturan kondisi lalu lintas tersebut.

Dia juga berharap agar petugas lebih memerioritaskan tugasnya membantu melancarkan lalulintas daripada melakukan razia. Justru razia itu makin memperparah keadaan.

Pantauan BimaEkspres ada tujuh personel Satlantas yang turun dan berada di tengah jalan. Kondisi traffic light belum aktif, sehingga terlihat semrawut.

“Modulnya masih mati, mungkin masih menunggu budget anggaran baru tahun 2019 ini,” tutur salah satu pegawai Dinas Perhubungan yang kesehariannya ikut mengatur lalu lintas di sekitar lampu merah tersebut. (YUM)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 223
    Shares
To Top