Peristiwa

Puting Beliung Hantam Tiga Rumah Warga Ncandi

Atap rumah yang terdampak puting beliung.

Bima, Bimakini.- Angin puting beliung  terjadi, Rabu (20/11)sore  di menghantam tiga rumah warga di RT 11 Desa Ncandi, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima. Tiga rumah warga itu adalah Aminah, Yusuf dan Sudirman.

Kepala Desa (Kades) Ncandi, M. Said H. Mansyur membenarkan kejadian itu, akibatnya bagian atap tiga rumah tersebut rusak parah. “Angin puting beliung ini pertama terjadi awal musim hujan tahun ini,”ujarnya, saat dikonformasi, Kamis (21/11).

Kata dia, saat ini ketiga rumah tersebut sedang diperbaiki dengan menggunakan dana talangan. “Biaya perbaikan disiasati dulu. Nanti setelah pencairan anggaran akan diganti,” tuturnya.

Dijelaskannya, untuk mengantisipasi terjadinya musibah seperti ini, sudah sepakat mengalokasikan anggaran tanggap bencana. “Dana tanggap bencana akan dicairkan di tahap III. Sekarang sabar dulu, uang sebagai talangan akan diganti sembari menunggu cair anggaran tahap III,” ujarnya.

Kata dia, tidak  ada korban jiwa. Namun kerugian materi sekitar Rp 6 juta. “Kita sudah mendata kerugian yang dialami warga. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” ungkapnya.

Dia meminta ketika ada musibah seperti ini, secepatnya melaporkan ke Pemerintah Desa (Pemdes). Hal itu perlu dilakukan  agar dilakukan pendataan. “Kalau terjadi musibah segera lapor ke Pemdes,” tegasnya.

Dimbaunya, saat angin putting beliung terjadi, warga tidak usah panik. Namun segera mencari tempat perlindungan yang aman. “Kalau terjadi angin puting beliung sebaiknya jangan panik,” tutupnya. (KAR)

Share
  • 150
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top