Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Polda NTB Siaga Satu Pascapenangkapan Teroris di Bima?

ilustrasi

Mataram, Bimakini.- Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) mengeluarkan keputusan untuk siaga satu, terhitung sejak empat hari belakangan ini dimulai sejak Sabtu (30/11) kemarin. Keputusan itu dikeluarkan langsung Kapolda NTB Irjen Pol. Nana Sudjana.

Keputusan siaga itu dikeluarkan untuk mengantisipasi serangan terorisme dan tindakan kriminal lainnya yang menyasar pada aparat kepolisian umumnya. Imbauan siaga satu berlanjut hingga Senin (2/12) kemarin, dimana seluruh markas komando (Mako) dari tingkat Polda NTB sampai masing masing Polres diberlakukan penjagaan ketat.

“Ini kebijakan Pak Kapolda, mengeluarkan  keputusan siaga satu untuk Polda NTB dan jajaran,” kata Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol. Drs. Purnama, SIK kepada wartawan.

Purnama menjelaskan, salah satu yang paling diantisipasi adalah aksi terorisme, dimana menyusul kejadian sebelumnya bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, termasuk mengantisipasi kemungkinan serangan serupa di Polda NTB.

“Lebih khusus untuk antisipasi terorisme. Kita tidak mau lengah sedikitpun, terpenting siaga,” tegas Kabid Humas. Namun kesiagaan dimaksud katanya, tidak sekedar untuk antisipasi terorisme, penekanan lain untuk antisipasi tindak kriminal lainnya dengan motif berbeda dengan sasaran aparat.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Imbauan ini diberlakukan ke seluruh Polres jajaran sampai Polsek. Semua aparat kita minta masing masing untuk waspada, khususnya untuk wilayah Bima,” jelasnya.

Ditanya, apakah ada kaitan dengan penangkapan enam terduga teroris sebelumnya di Bima? Kabid Humas enggan mengaitkan langsung status siaga satu itu dengan  turunnya tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri ke Bima. Termasuk menyusul penangkapan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

“Saya belum tahu itu (teroris). Belum dapat kabar kebenarannya seperti apa,” ujarnya.

Status siaga satu itu berlaku sejak Senin,  tidak menutup kemungkinan diperpanjang dengan batas waktu tak ditentukan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Seperti diberitakan  sebelumnya, enam terduga teroris diamankan Sabtu lalu sekitar pukul 06.00 wita. Penangkapan berlangsung selama enam jam lebih, hingga Pukul 11.20 wita oleh Densus 88 Anti Teror.

Mereka yang diamankan, MZ Bin Seff, seorang amir kelompok JAD dan IF alias Bono, keduanya asal Kelurahan Penatoi Kota Bima. IF dikejar hingga dari Kelurahan Matakando Kecamatan Mpunda, kemudian  Kota Bima dan ditangkap di BTN Penatoi .

Diamankan juga OW, ditangkap di Pasar Sape,  setelah dilakukan pengejaran  dari Mpunda. Terduga lainnya AS, bekas narapidana terorisme asal Seteluk Sumbawa Barat. Ia ditangkap dalam perjalanan Sumbawa. Menyusul kemudian diamankan AG, juga asal Penatoi Kecamatan Mpunda. Ia ditangkap di Jalan utama Kelurahan Rontu Kecamatan Raba Kota Bima. Terakhir, diamankan MR alias Anas, ditangkap di pertigaan Masjid Baitul Hamid Kelurahan Penaraga. Keenam orang itu sempat diamankan di Mako TNI Kompi C Bima.

Sekitar pukul 16.45 Wita, enam orang terduga jaringan Terorisme wilayah Bima tersebut dibawa meninggalkan Mako Bataliyon C menuju Sat Brimobda NTB mengunakan 5  mobil.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Perintah siaga itu  terutama pada saat jam rawan pada sore jelang petang dan menjelang waktu subuh. Piket Mako disarankan diatur bergantian jam tidur, ditindaklanjuti dengan pemeriksaan terhadap setiap tamu yang keluar masuk Mako.

Imbauan sama disampaikan untuk personil yang bertugas di lapangan agar tetap dengan Buddy System, terutama personil yang mendapat tugas pengamanan  pagi hari di beberapa Lokasi yang berdekatan dengan Basis Kelompok terduga teroris. Tujuannya, mengantisipasi sewaktu-waktu kelompok radikal melakukan aksi balasan atas penangkapan ihwan atau kelompok tersebut. (IKR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Dit Binmas Polda NTB menggelar kegiatan sosialisasi dengan tema “Bahaya Faham Intoleransi, Radikalisme, Terorisme, dan Faham Anti Pancasila.” Acara ini diadakan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- “Perlu kesadaran dan tanggung jawab bersama untuk tetap menjaga situasi harmonis dan damai,” ungkap Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) NTB Irjen. Pol. Drs. Djoko...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-Kepala Kepolisian Resor Bima Kabupaten, AKBP Heru Sasongko SIK, menghadiri sosialisasi anggaran Dipa tahun 2023 untuk tata kelola kerja Polres Bima Kabupaten. Kapolres...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Kepala Kepolisian Resor Bima Polda NTB, AKBP Heru Sasongko SIK, memimpin rapat evaluasi untuk menganalisa asistensi penguatan Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Bima. Kegiatan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Detasemen khusus (Densus) 88 mengamankan tiga warga Kelurahan Penatoi, Kota Bima, terkait dugaan terorisme, Minggu (19/06/2022). Penangkapan sekitar  Pukul 09 30...