Peristiwa

Permukiman Warga RT 06 Desa Kananga Direndam Banjir

Air yang menggenangi pemukiman.

Bima, Bimakini.- Intensitas hujan cukup tinggi yang terjadi di wilayah hukum Kecamatan Bolo, sekitar pukul 16.30 Wita, Jum’at (28/2) mengakibatkan terjadinya banjir. Puluhan permukiman warga di RT 06 Desa Kananga terendam.

Warga RT 06 Desa Kananga, H. M. Saleh , mengatakan, setiap instensitas hujan tinggi, menjadi langganan banjir. Karena parit Manggenggula tepatnya perbatasan Desa Rato dan Kananga banyak sendimen, sehingga meluap ke permukiman warga. “Parit sudah dangkal karena banyak sendimen,” ujarnya.

Kata dia, agar air tidak meluap seperti ini, harus dilakukan pengerukan dengan menggunakan alat berat. “Kita harap pemerintah membantu warga datangkan alat berat untuk keruk parit. Sehingga air bisa mengalir dan tidak lagi meluap,” tuturnya.

Cerita dia, selain warga RT 06 Desa Kananga, warga Dusun Manggenggula Desa Rato menjadi sasaran luapan banjir karena lokasi parit tersebut berada di tengah permukiman warga. “Puluhan rumah warga direndam banjir. Hal itu terjadi setiap intensitas hujan  tinggi,” ungkapnya.

Warga lainnya, Mega, mengungkapkan, dibanding tahun tahun sebelumnya, banjir kali ini cukup tinggi. Yakni setinggi lutut orang dewasa.

“Puluhan rumah warga RT 06 Desa Kananga dan Dusun Manggenggula Desa Rato terdampak banjir. Hanya saja tidak ada korban materi,” ucapnya.

Menurutnya, selain dangkalnya parit, banjir kali ini terjadi karena asupan air dari daerah pegunungan. KarBna air yang datang dari utara Desa Kananga merupakan kiriman dari pegunungan.

“Banjir bukan saja karena dangkalnya parit. Tapi kiriman dari pegunungan,” tutupnya. (KAR)

Share
  • 1.4K
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top