Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Sudah Dua Hari Tenaga Sukarela RSU Sondosia Mogok Kerja

RSUD Kabupaten Bima.

Bima, Bimakini.- Tenaga sukarela di RSU Sondosia mogok kerja. Informasi yang dihimpun media ini, mogok kerja itu dilakukan karena Alat Pelindung Diri (APD) di rumah sakit setempat kosong.

Selain itu, karena uang Jasa Pelayanan (Jaspel) tidak dibayarkan selama 8 bulan.

Kepala IGD RSU Sondosia, Ardiansyah membenarkan hal tersebut. Mogok kerja dilakukan oleh pegawai sukarela dua hari, sejak Senin (30/3). “Benar, sudah dua hari dengan ini mereka mogok kerja,” ujarnya, Selasa (31/3).

Dia mengungkapkan, upaya pemanggilan para tenaga sukarela itu sudah dilakukan. Namun tidak mendapatkan jawaban dan respon dari para tenaga sukarela. “Jawaban mereka hanya mogok kerja,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala ruangan kelas 3 Yuliastika. Tenaga sukarela di kelas 3 juga sudah 2 hari melakukan mogok kerja. Akibatnya, pelayanan di ruangan setempat tidak berjalan dengan baik. “Sukarela di semua ruangan mogok kerja,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Bahkan kata dia, pada Senin (30/3) kemarin, 1 orang pasien di kelas 3 dititip ke IGD karena tidak ada dokter dan perawat yang bisa memberikan pelayanan. “Satu pasien terpaksa dititip di IGD kemarin,” katanya.

Tidak hanya itu, kendala lain yang dialami saat ini adalah tidak ada dokter di tiap-tiap ruangan. Saat ini dokter di RSU Sondosia menerapkan on call. “Bagaimana bisa ada pelayanan juga sementara tidak ada dokter di sini,” ungkapnya.

Kasi Pelayanan SRU Sondisia Ahmad Yani juga membenarkan hal itu. Mogok kerja dilakukan oleh tenaga sukarela dengan tuntutan soal pembayaran Jaspel. “Iya, benar mereka saat ini mogok kerja,” ujarnya.

Kata dia, keterlambatan pencairan Jaspel itu terjadi karena beberapa kendala. Di antaranya, SK yang diterima dari pemerintah daerah baru diterima di atas tanggal 20 kemarin. Sementars Jaspel hanya bisa dicairkan di bawah tanggal 20. “Syarat pencairan Jaspel dan insentif itu harus ada SK itu,” jelasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Jaspel yang belum dibayarkan itu kata dia, selama 9 bulan. Karena pada saat bulan ke 3 dan 6 managemen rumah sakit setempat sedang menghadapi sejumlah masalah. Sehingga bemdahara tidak fokus mengurus pencairan Jaspel. “Tapi saya janji dan pastikan Jaspel akan cair sampai tanggal 20 bulan depan,” ungkapnya.

Untuk menanggulangi masalah mogok kerja tenaga sukarela, puhaknya akan mengoptimalkan tenaga PNS yang ada. Setelah didata jumlah PNS di rumah sakit tersebut sebanyak 40 orang. Jumlah itu akan cukup untuk memberikan pelayanan pada seluruh ruangan.

“Nanti kami akan atur dulu. Agar PNS dioptimalkan memberikan pelayanan,” tuturnya.

Yani juga membenarkan jika dokter di rumah sakit setelah ada yang on call. Namun tidak semua dokter. Kendati demikian hal itu tidak menghambat pelayanan, karena dokter-dokter itu akan datang jika dipanggil.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Jika ada pelayanan urgen, mereka pasti hadir. Itupu tidak semua yang on call,” ungkapnya.

Dia menegaskan, pihaknya akan mengupayakan solusi terbaik agar pelayanan di rumah sakit setempat berjalan normal. Segala pilihan solusi sedang dipertimbangkan. (KAR)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Warga Kecamatan Bolo Kabupaten Bima digegerkan sumur bor di RSU Sondosia semburkan gas. Hal itu diketahui berdasarkan informasi yang diviralkan oleh sebuah...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Kasus pengerusakan pintu IGD RSU Sondosia Kecamatan Bolo Kabupaten Bima yang terjadi, Kamis (19/11), sekitar pukul 15.00 Wita, sudah dilaporkan ke pihak...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Satu dokter umum dan 4 orang Tenaga Kesehatan (Nakes) di RSU Sondosia Kecamatan Bolo Kabupaten Bima terkonfirmasi Covid 19. Akibatnya pelayanan di...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Hasil Swab ke dua terhadap salah satu pasien yang dikarantina di RSU Sondosia (IL) asal Desa Nggembe Kecamatan Bolo belum juga keluar....

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Upaya pencegahan Virus Corona (Covid – 19), Pemerintah Kabupaten Bima melalui Tim Satgas Dinas Kesehatan (Dikes) melakukan penyemprotan desinfektan seluruh ruangan RSU...