Peristiwa

Tidak Ada Perekaman KTP – E,  Warga Protes

Warga yang menunggu untuk mendapatkan pelayanan KTP-E, harus kecewa, karena tidak ada pelayanan lagi.

Bima, Bimakini.-  Tidak seperti biasanya, pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima sepi. Ternyata dinas setempat tidak lagi menerima perekaman KTP – E di kantor.

Hanya menerima proses pembuatan legalitas lain, seperti pembuatan KK, Akta Kelahiran dan lainnya. Akibatnya, warga yang hendak melakukan perekaman KTP – E harus pulang kecewa.

Salah satu warga Desa Sai, Kecamatan Soromandi, Sukalim mengaku hendak membuat KTP – E untuk keperluan urus UNPTK. Menurutnya, jika tidak ada pelayanan perekaman KTP – E kenapa tidak ada pemberitahuan dari awal, mestinya pelananan Online ditiadakan saja. “Batas urus UNPTK hari ini. Kalau tidak bisa layani perekaman KTP – E, kita harap ada Surat Keterangan (Suket),” ujarnya saat diwawancara di Kantor Dinas Dukcapil, Selasa (12/5).

Dirinya memerotes kebijakan yang diambil Dinas Dukcapil Kabupaten Bima karena mengambil kebijakan sepihak tanpa memberitahukan sebelumnya. “Kalau mau merubah pola pelayanan dan lainnya harus disampaikan atau dipublikasikan ke media. Jangan ambil kebijakan sepihak,” tutupnya.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bima Salahudin, SH, MSi membenarkan tidak melayani perekaman KTP – E lantaran terjadinya musibah Virus Corona. Akan tetapi Dinas Dukcapil tetap melayani pencetakan saja. “Perekaman KTP – E memang tidak ada. Kalau pencetakan tetap dilakukan karena sudah ada dokumen lama,” ujarnya singkat.

Sementara itu, Koordinator Pelayananan Mobile Muhammad Amin, ST, MEng mengatakan, pada prinsipnya di kantor tidak ada pelayanan, tapi yang dilayani adalah pengambilan produk atau barang yang sudah jadi. “Dokumen yang diproses Senin – Selasa ambil pada Rabu. Sedangkan hari Kamis dan Jum’at ambilnya Senin,” tutupnya. (KAR)

Share
  • 45
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top