Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

150 Mata Air di Kota Bima Hilang

ilustrasi

Kota Bima, Bimakini..- Akibat Perambahan hutan yang massif, dari 200 titik mata air di Kota Bima, 150 diantaranya hilang. Ini terhitung dalam kurun waktu beberapa tanun terakhir.

Berdasarkan pemetaan Pemkot Bima melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), jumlah mata air di Kota Bima lebih dari 200 titik. Namun data akhir tahun 2019, hanya terdapat 50 titik. Itu pun dengan debit air yang semakin menurun.

Kabid Tata Lingkungan, DLH Kota Bima, Abdul Haris mengaku, berdasarkan hasil kajian tim, hilangnya mata air akibat dari alih fungsi lahan. “Menjadi penyebab utama terjadinya degradasi jumlah mata air karena alih fungsi lahan,” ungkap Haris.

Termasuk, kata dia, beberapa faktor lainnya, mendukung berkurangnya sumber mata air, yaitu curah hujan, musim kemarau dan faktor lainnya.

Meski demikian, Haris mengaku, dalam rangka mengembalikan keberadaan jumlah titik mata air tersebut, pihaknya telah melakukan beberapa terobosan. Seperti penanaman pohon pelindung disekitar mata air dan kawasan rechart area.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Namun setelah dievaluasi, tingkat keberhasilannya sangat kecil. Mengingat lahan yang dimanfaatkan untuk penanaman dimaksud sebagian besar sudah menjadi lahan milik masyarakat dan terjadi gesekan kepentingan di dalamnya.

Untuk itu, dibutuhkan kerjasama antarpihak dalam menyelesaikannya. Baik pihak swasta dan masyarakat dalam rangka menciptakan lingkungan yang asri dan berkelanjutan. “Sehingga keberadaan mata air dapat ditingkatkan baik secara kuantitas dan kualitas,” ujarnya.

Haris menambahkan, kondisi yang terjadi di kota Bima sudah dilaporkan ke Pemprov NTB. “Saya juga berharap warga juga sadar atas kondisi yang terjadi, apalagi dampaknya sangat dirasakan pada musim kemarau. Untuk itu mari kita jaga kawasan hutan demi kelangsungan hidup bersama,” ajaknya. (BE06)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Penjabat Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT meninjau Sumur Dalam Terlindungi sebagai wujud upaya nyata Pemerintah Kota Bima dalam...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Sebagai  upaya memberikan dukungan kepada masyarakat yang terdampak kekurangan pasokan air bersih, Kasat Binmas Polres Bima Kota, IPTU Suratno, bersama dengan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kepolisian Resort Bima Polda NTB terus membagikan air bersih bagi masyarakat di wilayah yang terjadi kekeringan parah, di wilayah Kabupaten Bima. Seperti...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- BPBD Kabupaten Bima mendistribusi air bersih untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di beberapa lokasi terdampak. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima melalui...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Personel Satuan Samapta Polres Bima Polda NTB, menyalurkan air bersih bagi masyarakat di Desa Wadu Wani, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima Jum,at (09/09/22)...