Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Tingkatkan Kualitas Kades, DPMPD Dompu Gelar Pelatihan

Kepala DPMPD Kabupaten Dompu, H. Moh. Syaiun, SH, M.Si.

Dompu, Bimakini. – Guna meningkatkan kualitas dan kapasitas Kepala Desa (Kades) untuk mendukung terwujudnya Kabupaten Dompu yang Maju, Sejahtera, Unggul dan Religus (Mashur).

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Dompu menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Kepala Desa (Kades), Senin 06 Desember hingga Rabu (08/12/2021).

Kepala DPMPD Kabupaten Dompu, H. Moh. Syaiun, SH, M.Si., Senin (06/12/2021) menyatakan, tujuan utama kegiatan tersebut untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Sebab, dengan SDM yang memadai, Kepala Desa dapat menterjemahkan aturan dan menjalankan roda pemerintahan Desa dengan baik.

Selain itu, kegiatan tersebut untuk mendorong semangat Kades dalam meningkatkan pemahaman dan wawasan kebangsaan Negara Kasatuan Republik Indonesia. Harapannya, kedepan Kades dapat menjalankan tugas sesuai alur dan aturan yang ada sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk mendorong terwujudnya Dompu yang Mashur. Dia meminta kepada para Kepala Desa untuk mendukung program Bupati Dompu lewat program PASAKA Desa. Terutama untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kami mendorong para Kades agar dalam menyusun RPJMDes dapat mensingkronkan dengan program Dompu Mashur Bupati AKJ-SYAH. Sehingga nantinya ditetapkan dalam APBDes dan dijalankan. Program Dompu Mashur harus diakomodir dalam APBDes,” terangnya.

Dalam pelatihan peningkatan kapasitas Kades yang dilaksanakan di Makodim 1614 Dompu tersebut, para Kepala Desa diberikan materi tentang Wawasan Kebangsaan yang disampaikan Dandim 1614 Dompu, dan materi Kebijakan Umum tentang Desa disampaikan Kepala DPMPD Dompu.

Selain itu, juga disampaikan materi tentang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Peran DPRD dalam Kemandirian Desa yang disampaikan Ketua DPRD Dompu, Andi Bachtiar A.Md, Par.

Kemudian materi tentang Pembangunan Desa dalam Mewujudkan Dompu Mashur yang disampaikan Kepala Bappeda Kabupaten Dompu. Materi tentang Penataan dan Kewenangan Desa, hingga materi tentang Tatacara Pengelolaan dan Pengembangan Bumdes.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Materi tentang Pengawasan dan Pelaporan Keuangan Desa yang disampaikan Inspektur Inspektorat, dan materi Pengelolaan Keuangan Desa oleh Kepala BPKAD Dompu.

“Saya yakin, materi-materi yang disampaikan ini jarang mereka (Kades) dengar. Dengan semangat wawasan kebangsaan yang kita dorong, kemudian penambahan ilmu pengetahuan tentang pemerintahan Desa menjadi bekal dalam menjalankan roda pemerintahan Desa,” cetusnya. AZW

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Sejumlah kader Posyandu Desa Jambu, Kecamatan Pajo, kembali melakukan aksi penyegelan kantor Desa setempat sejak Selasa (08/11/2022) pagi. Aksi penyegelan kantor...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini.- Kabupaten Dompu akan menjadi tuan rumah pelaksanaan pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi NTB ke XVI. Kegiatan itu akan  dilaksanakan tiga...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini.- Pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa harus mengacu pada regulasi atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu ada mekanisme dan prosedur yang harus...