Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Sosialisasi PKPU 4, KPU Kabupaten Bima Beri Pemahaman Parpol

Sosialisasi PKPU Nomor 4.

Bima, Bimakini.- Sebanyak 20 dari 38 partai politik calon peserta Pemilu Serentak 2024 yang sudah mendapatkan akses ke Aplikasi SIPOL hadir mengikuti kegiatan rapat koordinasi yang digelar KPU Kabupaten Bima, Senin (1/8) pagi.

Rapat koordinasi yang dipimpin Ketua KPU Kabupaten Bima Imran bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada partai politik terkait PKPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2024.

Imran menjelaskan ada empat hal penting yang dilakukan pada tahapan ini oleh penyelenggara dan calon peserta pemilu. Yaitu, tahapan pendaftaran, verifikasi administrasi, verifikasi faktual dan penetapan.

“Dari empat hal ini, tugas KPU Kabupaten/Kota hanya pada verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Selebihnya menjadi kewenangan KPU RI,” jelasnya.

Itu pun kata Imran, verifikasi administrasi dan faktual yang dilakukan KPU Kabupaten/Kota sifatnya membantu KPU Republik Indonesia di tingkat daerah apabila ada persoalan dokumen unggah di SIPOL yang perlu diverifikasi lebih lanjut.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sementara itu, Ketua Divisi Perdatin KPU Kabupaten Bima Yuddin Chandra Nan Arif dalam materinya memaparkan bahwa jumlah keanggotaan partai politik di tingkat Kabupaten/Kota adalah 1/1000 dari jumlah penduduk terakhir berdasarkan data agregat kependudukan dari Kemendagri yaitu 533 jiwa.

Hal ini sesuai penetapan KPU RI melalui Surat Nomor 258 Tahun 2022. Jumlah 533 jiwa itu harus tersebar minimal 50 persen dari total jumlah kecamatan. Itu artinya, dari total 18 kecamatan di Kabupaten Bima minimal harus tersebar di 9 kecamatan.

Untuk hal-hal lainnya secara teknis apabila ingin dikonsultasikan, partai politik melalui penghubungnya masing-masing disarankan lebih lanjut secara intensif berkomunikasi dengan Tim Helpdesk KPU Kabupaten Bima.

Selain partai politik, rapat koordinasi juga dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, TNI, Polri, dan Badan Kesbangpol Kabupaten Bima. (*)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Bawaslu Kota Bima akan melibatkan semua Panwascam untuk mengawasi kegiatan silaturrahmi Partai Politik Nasional Demokrat (NasDem) di  Kota Bima hari ini,...

Politik

Bima, Bimakini.- Rencana kedatangan Anies Rasyid Baswedan di Bima, Selasa 31 Januari 2023 menjadi sorotan Bawaslu Kabupaten Bima. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu diminta...

Politik

Bima, Bimakini.- Menjadi seorang pengawas pemilu, tidak semudah yang dipikirkan banyak orang. Selain resikonya yang besar, tanggungjawab pun sangat besar dan selalu mendapat kritikan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Masalah penataan dapil yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima  belum ada keputusan. Sebelumnya KPU mengusulkan tiga opsi untuk pembagian...

Politik

Bima, Bimakini.- Sebanyak 573 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Bima dikukuhkan, Selasa 24 Januari 2023, di GOR Panda. Nantinya PPS juga akan...