Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Sosialisasi PKPU 4, KPU Kabupaten Bima Beri Pemahaman Parpol

Sosialisasi PKPU Nomor 4.

Bima, Bimakini.- Sebanyak 20 dari 38 partai politik calon peserta Pemilu Serentak 2024 yang sudah mendapatkan akses ke Aplikasi SIPOL hadir mengikuti kegiatan rapat koordinasi yang digelar KPU Kabupaten Bima, Senin (1/8) pagi.

Rapat koordinasi yang dipimpin Ketua KPU Kabupaten Bima Imran bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada partai politik terkait PKPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2024.

Imran menjelaskan ada empat hal penting yang dilakukan pada tahapan ini oleh penyelenggara dan calon peserta pemilu. Yaitu, tahapan pendaftaran, verifikasi administrasi, verifikasi faktual dan penetapan.

“Dari empat hal ini, tugas KPU Kabupaten/Kota hanya pada verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Selebihnya menjadi kewenangan KPU RI,” jelasnya.

Itu pun kata Imran, verifikasi administrasi dan faktual yang dilakukan KPU Kabupaten/Kota sifatnya membantu KPU Republik Indonesia di tingkat daerah apabila ada persoalan dokumen unggah di SIPOL yang perlu diverifikasi lebih lanjut.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sementara itu, Ketua Divisi Perdatin KPU Kabupaten Bima Yuddin Chandra Nan Arif dalam materinya memaparkan bahwa jumlah keanggotaan partai politik di tingkat Kabupaten/Kota adalah 1/1000 dari jumlah penduduk terakhir berdasarkan data agregat kependudukan dari Kemendagri yaitu 533 jiwa.

Hal ini sesuai penetapan KPU RI melalui Surat Nomor 258 Tahun 2022. Jumlah 533 jiwa itu harus tersebar minimal 50 persen dari total jumlah kecamatan. Itu artinya, dari total 18 kecamatan di Kabupaten Bima minimal harus tersebar di 9 kecamatan.

Untuk hal-hal lainnya secara teknis apabila ingin dikonsultasikan, partai politik melalui penghubungnya masing-masing disarankan lebih lanjut secara intensif berkomunikasi dengan Tim Helpdesk KPU Kabupaten Bima.

Selain partai politik, rapat koordinasi juga dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, TNI, Polri, dan Badan Kesbangpol Kabupaten Bima. (*)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, akan menyeleksi ulang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilihan Bupati dan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Tahapan pemungutan hitung pada Pemilihan Umum (Pemilu) telah usai. Angka partisipasi masyarakat pada penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kota Bima  mencapai 89,88...

Politik

Bima, Bimakini.- Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 resmi dilaunching oleh KPU RI, Minggu (31/3) malam di area Candi Prambanan, Yogyakarta. Hadir Ketua...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini.- Lembaga Pemerataan Pembangunan (LPP)  Dompu, msnduga  ada kecurangan pemilu. Hasil Rapat Pleno Kecamatan tidak sesuai dengan C hasil dan Salinan C hasil...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini.- Calon Anggota DPRD Provinsi NTB Dapil 6, Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu, M Tahir, SAg, MPd, melaporkan dugaan penggelembungan suara di...