Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemilu Serentak 2024

Persiapan Pembentukan KPPS, KPU Kabupaten Bima Gelar Rakor

Rakor Pembentukan KPPS oleh KPU Kabupaten Bima.

Kota Bima, Bimakini.- KPU Kabupaten Bima menggelar Rapat Koordinasi bersama stakeholder di Home Stay Mutmainah Kota Bima, Sabtu, 9 Desember 2023. Rakor tersebut untuk persiapan perekrutan dan pembentukan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) Pemilihan Umum Tahun 2024.

“Kegiatan ini beririsan dengan kegiatan lainnya termasuk logistik yang sudah masuk. Tahapan kampanye yang sudah berjalan, data pemilih yang masih juga berjalan dan pembentukan KPPS,” kata Ketua Devisi Perdatin KPU Kabupaten Bima, Yudin Candra Nan Arief, membuka kegiatan Rakor.
Komisioner dua periode ini mengharapkan partisipasi stakeholder dalam tahapan pembentukan KPPS. Terutama anggota KPPS yang dirasa agak sulit.

“Seperti misalnya dukungan perguruan tinggi kami butuh. Mungkin bisa mengutus mahasiswa untuk jadi KPPS, karena mencari yang mau jadi KPPS lebih sulit dari masuk komisioner,” ungkapnya.

Devisi SDM, Sosdiklih dan Parmas KPU Kabupaten Bima, Ady Supriadin, menjelaskan KPPS Pemilu 2024 untuk Kabupaten Bima akan bertugas pada 1.588 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Setiap TPS dibutuhkan 7 orang KPPS ditambah petugas ketertiban (Linmas) TPS sebanyak 2 orang.
“Sehingga jumlah KPPS 11.116 orang ditambah petugas ketertiban TPS 3.176 orang,” sebutnya. Tambahnya, masa kerja KPPS untuk Pemilu tahun 2024 selama 1 bulan.
Politik

Ady mengaku, pihaknya masih terkendala pada sumberdaya manusia dalam pembentukan KPPS. Sehingga jumlah KPPS yang akan bertugas pada 1.588 TPS dibutuhkan dukungan dari semua stakeholder.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kami kekurangan SDM untuk KPPS
terutama di Kecamatan Tambora dan Langgudu,” akunya.

Diharapkan, seluruh stakeholder dapat membantu dengan menyosialisasi pembentukan KPPS agar masyarakat mau mendaftar. “Dari kalangan kampus mungkin bisa menyosialisasi ke mahasiswa untuk jadi KPPS. Demikian stakeholder lain” katanya.

Stakeholder yang menghadiri Rakor antara lain TNI-Polri, Badan Kesbangpol Kabupaten Bima, Disdukcapil, Bagian Prokopim, Satpol PP, Akademisi dan OKP.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, akan menyeleksi ulang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilihan Bupati dan...

Politik

Bima, Bimakini.- Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 resmi dilaunching oleh KPU RI, Minggu (31/3) malam di area Candi Prambanan, Yogyakarta. Hadir Ketua...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Empat terduga  pelaku pembakaran logistik Pemilu di Kecamatan Parado tidak dapat menggunakan hak pilihnya saat Pemungutan Suara Ulang (PSU) Sabtu (24/2/2024). Pasalnya...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Penunguran Suara Ulang (PSU) di Kecamatan Parado, Kabupaten Bima, Sabtu 24 Februari 2024 berjalan lancar. Untuk itu, KPU menyampaikan apresiasi kepada semua...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima telah mengeluarkan surat keputusan Nomor 7O5 Tahun 2024 tentang Penetapan Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang pada Pemilihan...