Pemerintahan

Disdukcapil Kabupaten Bima Hadirkan MESSRA

Zunaidin HI, SSos, MM

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Dukcapil, Senin (04/09/2017), akan  menerapkan terobosan baru. Dinas itu akan  melayani masyarakat dalam pembuatan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), dan  Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

Apa bentuknya? Kali ini, pemerintah akan Melayani Sampai Serambi Rakyat (MESSRA). Tujuannya  untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat terkait legalitas hukum kewarganegaraan.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bima, Zunaidin HI, SSos, MM, di Kantor Kecamatan Bolo Selasa (29/08/2017) mengaku   pelayanan ini dipandang perlu dilakukan agar legalitas hukum kewarganegaraan bisa didapatkan oleh masyarakat. Selama ini, pembuatan Akta Kelahiran, KK dan  KTP Elektronik yang dilakukan oleh warga dilatari unsur kepentingan. Seperti kebutuhan warga untuk formalitas mengambil uang bank, kepentingan membuat paspor dan lain-lainnya.

Mestinya, kata dia, pembuatan legalitas kewarganegaraan tidak dilatari unsur kepentingan seperti itu. “Namun, harus ada kesadaran diri dari warga karena legalitas itu sangat penting,” katanya.

Disampaikannya, kegiatan ini akan dipusatkan di Kantor Kecamatan Bolo dan akan diberikan pelayanan reguler seperti di Dinas Dukcapil. Dalam hal ini,  bekerja sama dengan Kompak NTB yang ikut dihadiri oleh pejabat  Australia dan  Bapenas.

Camat  Bolo, Mardianah, SH, mengatakan terkait kegiatan itu akan mengundang  seluruh Kepala Desa (Kades), selanjutnya Pemerintah Desa (Pemdes) akan mengumumkan melalui  masjid  masing-masing. Sedianya tiga desa telah melaksanakannya, yakni  Kara, Rada, dan Darusalam. Ketiga desa itu sudah didatangi langsung oleh Disdukcapil.

“Kalaupun masih ada warga yang belum  membuat legalitasnya bisa dilayani kembali pada Senin pekan depan,” katanya.
Untuk menghadapi kegiatan itu, saat ini  sedang menyiapkan   sarana dan prasarananya. (BK36)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top