Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Dua Mobil Perpustakaan Keliling Sasar Sekolah

H Mahfud

Kota Bima, Bimakini.- Sebanyak dua unit mobil perpustakaan keliling milik Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima sejak 2 Januari lalu menyasar sekolah. Tujuannya menumbuh kembangkan minat baca bagi kalangan pelajar.

Mobil perpustakaan keliling itu parkir di berbagai sekolah di kelurahan. Seperti di Kelurahan Nitu, Lelamase, Kolo, Jatiwangi, Ntobo maupun kelurahan lain.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima, H Mahfud, sejak dua unit mobil baca keliling pada setiap kelurahan, banyak didatangi kalangan pelajar SD dan SMP. Mereka membaca berbagai referensi buku yang diminati.

“Untuk mempermudah pelajar membaca, maka kami menyiapkan berbagai macam referensi buku untuk dipelajari, seperti ilmu pengetahuan alam, bahasa indonesia, biologi, kesenian hingga buku cerita bergambar,” tuturnya.

Semua buku yang disiapkan itu, kata dia, berdasar data yang tercatat. Buku cerita bergambar, sebutnya, banyak diminati siswa, dengan alasan mudah dipelajari dan cepat dipahami tujuan dan maksudnya.

Diakui Mahfud, para pelajar itu diminta mengumpulkan kembali dan diminta menjelaskan ilmu dan makna dari buku yang telah dibaca itu.

“Bagi yang memahami dan mengerti dengan baik, maka kami berikan hadiah berupa uang pembinaan. Nilainya tidak seberapa, tetapi bertujuan memotivasi siswa terus belajar dan mengembangkan kemampuan,” ucapnya.

Mantan Sekretaris BKPSDM itu, menambahkan, perpustakaan keliling ini menjadi program rutin pihaknya. Bahkan, pada hari Sabtu dan Ahad, pihaknya tetap melakukannya, agar masyarakat turut membaca buku.

“Untuk sementara waktu mobil baca keliling di akhir pekan, kami parkir di Lapangan Merdeka Bima. Karena di hari tersebut, banyak masyarakat membawa keluarga berkunjung. Sehingga, saat bersantai sembari membaca buku,” tambahnya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Gedung Perpustakaan Kota Bima diresmikan, Selasa (22/3/2022) oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas RI) Muhammad Syarif Bando, MM dan Wali Kota Bima,...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Wali Kota Bima, Feri Sofiyan, SH, Senin (14/13) didampingi Kepala BKPSDM Kota Bima, Drs M Saleh memberikan pembinaan kepada ASN...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Guna mengembangkan perpustakaan lebih besar di Kota Bima, Jum’at, (14/6)  Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE bertemu dengan Kepala Perpustakaan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Sejak  terbentuknya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Bima, belum banyak Satuan Kerja Perangkat Daereah (SKPD) yang memanfaatkan instansi ini menyimpan...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Untuk menumbuhkembangkan minat baca di kalangan masyarakat, khususnya anak-anak, Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi dan Koramil 1608-03/Sape  menggelar kegiatan perpustakaan keliling. Lokasinya  di Pantai Papa...