Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Pameran Buku Diharapkan Tingkat Minat Baca

Kota Bima, bimakini.com.-

Melalui pameran buku, diharapkan mampu meningkatkan minat membaca, terutama generasi muda. Tidak saja terpusat pada perpustakaan, melainkan juga bisa memanfaatkan sejumlah fasilitas lain yang sudah disiapkan oleh pemerintah. Antara lain mobil perpustakaan keliling yang berisi buku pendidikan dan disiplin ilmu lainnya.

Demikian harapan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip NTB, Dra. Hj. Ratnawati, MM, pembukaan pameran buku “Bima Book Fair” tingkat Provinsi NTB di gedung serbaguna Muhammadiyah Bima, Selasa (10/4).

Dikatakannya, menumbuhkan minat belajar dan membaca memang harus dimulai sejak anak berusia dini melalui beragam cara yang dapat memotivasi semangat. Dicontohkannya, lomba mewarnai buah garoso bagi  siswa Taman Kanak-Kanak (TK) yang tengah digelar sebagai rangkaian acara pameran, merupakan ide yang bagus.

“Cara seperti ini sangatlah positif karena anak bisa belajar sambil bermain mengembangkan kreativitasnya, manfaat lain yang dirasakan juga yakni ikut mengenalkan mereka pada komoditi buah-buahan lokal Bima,” paparnya.

Dia mengapresiasi upaya Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima yang menyelenggarakan acara itu bertepatan dengan Hari Jadi Kota Bima, sehingga berlangsung semakin semarak dan meriah. Dia mengharapkan keterlibatan dari toko buku, penerbit, dan perpustakaan daerah di NTB mampu membawa manfaat bagi generasi muda dan masyarakat.

“Selain acara ini nanti akan dipilih duta baca NTB dari pelajar SLTA, semua sekolah masing-masing juga sudah dijadwalkan khusus untuk berkunjung ke pameran mulai hari ini hingga tanggal 15 mendatang,” jelasnya.

Menandai pembukaan pameran itu, pemukulan gong dan pengguntingan pita dilakukan oleh Asisten III Setda Kota Bima, Syahrullah, SH, MH. (BE.20)

 

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait