Pendidikan

SMPN 3 Bolo Tembus Level Nasional

Bima, Bimakini.com.- Lokasi dan berada di pedesaan bukanlah penghalang menunjukkan prestasi, hal itu setidaknya mampu dibuktikan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Bolo Kabupaten Bima. Belum lama ini siswa sekolah setempat menjadi jawara lomba Pasiat Matematika tingkat Provinsi NTB.

      Kepala SMPN 3 Bolo, Dahlan, M.Pd, mengatakan, sejak setahun terakhir sekolah setempat fokus menggenjot prestasi akademik siswa, terutama khusus bidang MIPA. Selama ini bimbingan dan pembinaan Matematika intensif dilakukan sekolah. Bahkan, untuk memotivasi guru pembimbing dan siswa, sekolah memberikan hadiah khusus. “Alhamdulillah meski berada jauh dari kota kami bisa tunjukkan prestasi akademik, sekolah kami meraih prestasi tingkat provinsi NTB,” katanya di SMPN 3 Bolo, kemarin.

     Diakuinya, setelah menjadi jawara tingkat Provinsi NTB, saat ini sekolah setempat menargetkan meraih prestasi lomba pasiat matematika tingkat Nasional. Secara umum, selama ini SMPN 3 menggenjot prestasi akademik dan ekstrakuriler siswa secara proporsional. Sesuai amanat Bapak Bupati kami ingin mewujudkan sekolah yang berdedikasi tinggi, setiap siswa yang mengikuti lomba Pasiat Matematika kami berikan hadiah satu juta dan untuk guru pembimbingnya 1,5 juta,” katanya.

    Dikatakannya, sekolah menyiapkan empat siswa dan beberapa orang cadangan untuk setiap kategori lomba,  Matematika, Fisika, dan Biologi. Hanya saja, kendati sekolah sudah mengoleksi prestasi akademik bergengsi, partisipasi orangtua masih kurang. Bahkan, beberapa diantaranya tidak respek terhadap program sekolah dalam meningkat mutu pendidikan.

“Masyarakat umumya cuek, terutama saat bahas program ketika rapat Komite. Namun, meski demikian saya mencoba membangun komunikasi dengan upaya persuasif dan pendekatan emosional,” katanya. (BE.17)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top