Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Panen Raya Padi Non-Hibrida di Kendo Mencapai 8 Ton/Hektare

Kota Bima, Bimeks.-

    Produktivitas padi varietas Inpari 10 dan Inpari 13 di Kota Bima, diakui pihak BPPTP Provinsi NTB merupakan yang tertinggi dibandingkan produktivitas daerah lain di Bumi Gora. Hal itu terbukti dari hasil yang diperoleh pada demo plot varietas padi tersebut di lahan padi sawah Kelurahan Kendo yang mencapai sekitar 8 ton/hektare (Ha).

        Saat temu lapang panen raya padi non-hibrida di Kelurahan Kendo Kecamatan Raba Kota Bima, Selasa (4/9), Kepala BPPTP NTB, Dr. Sudjatmiko, mengapresiasi, sejumlah gabungan kelompok tani (Gapoktan) kelurahan setempat. Karena mampu melaksanakan demo plot secara  baik sehingga mencapai hasil maksimal. Peran Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), juga diapresiasi. “Produktivitas padi di Kota Bima paling tinggi dibanding kota lain di NTB,” katanya.

     Dikatakannya, panen raya padi sawah non-hibrida di kelurahan setempat, merupakan kelanjutan dari  panen raya hasil demo plot varietas padi unggul sebelumnya. Terakhir, panen raya dilakukan di Kelurahan Jatiwangi dengan produktivitas mencapai 8,9 ton/Ha.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

    Jika dikalkulasikan dalam nilai uang, jelas Sudjatmiko, panen padi yang dicapai di Kelurahan Kendo sekitar Rp32 juta/Ha. Introduksi varietas padi yang dikembangkan di Kota Bima adalah varietas Inpari-1 hingga Inpari-13. “Melihat hasilnya, ternyata yang cocok dan unggul di Kota Bima adalah varietas Inpari-10 dan Inpari-13,” katanya.

     Diisyaratkannya, selain teknologi padi yang dikembangkan di Kota Bima, akan dikembangkan teknologi lainnya seperti jagung.

      Wali Kota Bima, HM. Qurais, mengaku, senang dengan hasil pertanian (padi) yang dicapai petani yang tergabung dalam sejumlah Gapoktan kelurahan setempat. PPL dinilai telah melaksanakan tugas penyuluhan dan pendampingan terhadap petani dengan baik.

      Dari produktivitas padi yang dicapai sebesar itu, katanya, dapat mendukung swasembada beras sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Bima tidak mengimpor beras dari daerah luar. Bila perlu, Kota Bima menjadi daerah yang mengekspor beras ke luar daerah. “Sampai hari ini Pemerintah Pusat mengimpor beras, tetapi Kota Bima tidak mau mengimpor beras karena kita bisa menghasilkan beras yang banyak. Bila perlu kita ekspor ke daerah lain yang kekurangan beras,” ujar Wali Kota optimis.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

     Pada kegiatan panen raya tersebut, Pemkot Bima menyerahkan sejumlah bantuan. Antara lain, bantuan kepada Kelompok Tani (Poktan) La Sangga dan Labonto, bantuan pembangunan mushala, dan bantuan stimulan.

Sebelumnya, panen raya padi non-hibrida saat itu, secara simbolik dilakukan oleh Wali Kota Bima, Ketua PKK Kota Bima, Hj. Yani Marlina HM. Qurais, Kapolres Bima Kota, dan sejumlah pejabat lainnya. (BE.19)

              

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE dan Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Ir. Bambang Pamudji M.Si, Sabtu (5/3/2022)...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Jalan Ekonomi di Desa Kalampa Kecamatan Woha Kabupaten Bima, alami rusak parah. Pemerintah Desa (Pemdes) dan masyarakat, gotong royong memperbaiki secara swadaya....

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs H Dahlan M Nur, MPd, rupanya cukup mahir dalam bidang pertanian. Buktinya, saat kegiatan penyemprotan massal di...

Pendidikan

Bima, Bimakini.com.- Selain bertugas mengatur lalulintas, Sat Lantas Polres Bima juga peduli  terhadap  kegiatan lainnya. Seperti saat ini,  dalam kegiatan Polisi Peduli Pelajar. Mereka...

Peristiwa

Perairan laut selatan, khususnya di Kecamatan Langudu menyimpan daya tarik luar biasa.  Pantai Pusu Desa Pusu, memang sebelumnya cukup terisolir. Menjamah tempat ini, jalurnya...