Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Dipertanak Dorong Usaha Berbasis Tepung

Kota Bima, Bimakini.com.-Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kota Bima akan terus mendorong usaha kreatif berbasis tepung. Tahun 2014 ini Satuan Kerja Perangkat Daerah setempat menyiapkan fasilitas agroindustri tepung ubi kayu lokal sebesar Rp250 juta.

                Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP) Agribisnis Dispertanak Kota Bima, Yusliadin, SPt, mengatakan revitalisasi fasilitas agroindustri tepung diharapkan meningkatkan produtivitas jajan yang bersumber dari ubi kayu. “Untuk tahun 2014 diarahkan untuk penyerapan usaha berbasis tepung. Untuk tahun 2015 juga kita ajukan sekarang,” ujarnya di Dispertanak, kemarin.

                Selain  agroindustri berbasis tepung, Dispertanak juga mendorong pengolahan daging melalui pengembangan pasar kambing, pameran produk agrobisnis, pengembangan dendeng, abon, bakso, salome. Selain itu meningkatkan kualitas sumber daya manusia produsen melalui studi banding. “Contoh dendeng dan abon akan melahirkan beberapa home industry (industry rumah tangga),” ujar Yusliadin.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

                Dikatakannya,  bentuk lain upaya mengembangkan agrobisnis, tahun 2013 lalu Dispertanak mendistribusikan bantuan bagi sejumlah kelompok seperti mesin pompa air 23 unit, mesin penetas telur tiga unit, belender, mixer. “Tahun lalu kita dapat bantuan dari tugas perbantuan P2HP Kementrian Pertanian, di antaranya penglolahan daging denden dan bakso,” katanya. (BE.17)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait