Connect with us

Ketik yang Anda cari

Dari Redaksi

Tugas Kesejarahan

HUT RIUpacara puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia berlangsung Rabu pagi dan sore. Di tingkat nasional dan daerah. Di Bima dan Dompu, secara umum suasana meriah dalam beragam dinamikanya masing-masing. Meskipun sedikit insiden di luar skenario, dapat keseluruhan suasananya khidmat dan lancar. Patut diapresiasi semangat yang ditunjukkan oleh para pelajar yang bertugas menaikan dan menurunkan bendera. Mereka telah menunaikan tugas yang membutuhkan mentalitas kuat itu.

Soal kemerdekaan suatu bangsa, ada pesan simbolik yang selalu  ingin terus disampaikan. Intinya bagaimana semangat perjuangan para pahlawan bangsa itu diresapi dan dimanifestasikan dalam keseluruhan tindakan, pada berbagai medan tugas masing-masing. Perjuangan merebut dan mengusir penjajah telah lewat, namun mengisinya merupakan tugas sejarah yang harus ditunaikan. Kewajiban moral generasi sekarang untuk melanjutkannya.

Jadi setiap tindakan yang berseiringan dengan semangat para pahlawan, merupakan sokongan riil bagi pembangunan bangsa. Sebaliknya, tindakan yang bertolakbelakang dan kontraproduktif dengan pesan perjuangan pahlawan, jelas merupakan pengkhianatan. Dalam bahasa mudahnya, mari kita mendukung aksi yang menopang dinamika dan gerak maju pembangunan. Mari kita perangi habis-habisan tindakan pengkhianatan terhadap cita-cita pendiri bangsa.

Peringatan tahunan ini diharapkan tidak hanya sebatas seremonial belaka. Tetapi, mewujud dalam ekspresi dan sikap positif yang bermuara pada kemajuan. Apa sebetulnya makna dan tujuan peringatan Hari Kemerdekaan ini? Sejatinya untuk mengenang pengorbanan para pahlawan yang mengorbankan jiwa raganya untuk republik ini.  Bagaimana kita dapat menimba teladan hidup dari mereka. Ibarat mercusuar di tepi lautan,  pahlawan itu adalah penunjuk arah yang jelas bagi kehidupan kini dan masa depan. Inspirasi apakah yang diwariskannya pun perlu diteladani. Seperti bangunan cita-cita pahlawan. Pahlawan itu adalah panggilan. Setiap jaman sebenarnya menyediakan tantangan dan kesempatan bagi setiap orang untuk melakukan tindakan-tindakan besar, tindakan-tindakan bermakna.

Warisan nilai lainnya adalah semangat pantang menyerah.  Mereka yang  memiliki cita-cita yang jelas, tantangan atau godaan apapun tidak akan menggoyahkannya.  Warisan keberanian dan semangat berkorban. 71 tahun kita merdeka. Tugas sejarah kita selanjutnya menanti…(*)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait