Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Komisi IV Minta Bupati Evaluasi Kepala SMAN 1 Monta

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bima, M Natsir.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bima, M Natsir.

Bima, Bimakini.- Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima, M Natsir,  menyatakan bila ada Kepala Sekolah (Kasek) yang dilantik tidak memenuhi persyaratan sesuai Permendiknas,   Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri agar  segera mengevaluasinya.

Pernyataan itu disampaikan Natsir menanggapi protes terhadap promosi Nurul Mubin dari guru SMAN 2 Woha menjadi Kepala SMAN 1 Monta. Nurul diidentifikasi tidak memiliki sertifikat kependidikan atau lulus tes calon Kepala Sekolah (Cakep).

Menurut duta Partai Amanat Nasional ini, sepengetahuannya, sesuai Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kasek, pada bab II syarat-syarat guru diberikan tugas tembahan sebagai Kasek pada pasal 2 poin F, di situ disebutkan memiliki seritifikat kependidikan.

Dijelaskannya, pada Bab III penyiapan Kasek  pada poin I, penyiapan calon Kasek/madrasah meliputi perekrutan,  pendidikan dan pelatihan calon Kasek/madrasah. Dalam Permendiknas sudah jelas tentang penugasan guru sebagi Kasek memang wajib memenuhi berbagai kriteria dan syarat diatur dalam aturan.

Kemudian manakala ada Kasek tidak memenuhi syarat sesuai ketentuan  Komisi IV memertanyakan proses seleksi dilakukan oleh Baperjakat atau tim diberi kewenangan khusus.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Oleh karena itu Komisi IV berharap pada Bupati sebagai pembina aparatur pegawai agar segera mengevaluasi Kasek tidak memenuhi syarat sesuai Permendiknas,” tegas Natsir.

Dikatakannya, bila ada kebijakan Kepala Daerah melantik Kasek tidak memenuhi syarat sesuai ketentuann, satu di antaranya mengikuti seleksi tes Cakep, berarti telah terjadi sikap diskriminatif terhadap guru-guru yang telah berusaha dan berjuang susah- payah mengikuti tes Cakep selama ini. Bahkan, ada beberapakali baru  lulus.

“Lalu kemudian hari ini tujuannya ikut Cakep jadi Kasek itu untuk apa, kalau kemudian ada yang dilantik jadi Kasek tetapi ternyata tidak pernah tes, apalagi lulus,”  sorotnya di Setwan, Kamis (06/10) kepada awak media.

Diingatkannya,  kebijakan Bupati mengisi jabatan Kasek tanpa memerhatikan syarat Cakep,  disesalkan. Selayaknya segera dievaluasi karena akan menimbulkan polemik. Bupati diminta  agar taat aturan. Walaupun hak prerogatif Bupati, tetapi tentunya semuanya  kembali pada peraturan yang menjadi acuan. “Untuk itu pula diharapkan ke depan kejadian sama tidak terulang,” harapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Mengenai langkah hukum yang dilakukan sejumlah Kasek menolak SK mutasi,  Natsir mendorong agar semua permasalahan  lebih terang siapa sebenarnya yang salah dalam proses ini.

Namun, katanya, secara kelembagaan mengenai proses rotasi dan mutasi Kasek  itu  sudah sesuai aturan, karena status SMA/SMK baru beralih ke Pemprov pada  1 Januari 2017. (BK32)

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Diduga tidak direstui keinginannya yang mau pindah tugas dari Kecamatan Tambora, Jainuddin, S.Pd, Kepala SDN Oi Marai, nyaris bakar diri Senin (10/4/2017)...

Politik

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima, Senin (10/4/2017) siang iini, akan menggerser sejumlah pejabat fungsional yang ada di lingkup Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bima, mengisyaratkan rotasi dan mutasi pejabat fungsional dan struktural pada lingkup Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda Dan Olah...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Stok Calon Kepala Sekolah (Cakep) di Kecamatan Madapangga masih tersisa lima orang. Mereka  belum diangkat menjadi Kasek. Namun, yang dilantik oleh Bupati...

Pendidikan

Bima, Bimakini. – Sejumlah pemuda Desa Talabiu, Kecamatan Woha, Kamis (6/4/2017) menyegel SDN Talabiu. Sejumlah ruang kelas disegel dengan menggunakan kayu. Mereka memakunya, agar...