Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Tim SAR Bima Bantu Evakuasi KM Darma Kencana yang Karam

KM Dharma

KM Darma Kencana saat proses evakuasi akibat menabrak karang.

Bima, Bimakini.- Tim SAR Bima, Jumat (14/10/2016) malam, sekitar pukul 20.05 Wita meluncur ke lokasi karamnya Kapal Motor (KM) Dharma Kencana VIII di perairan Pulo Bidadari – Labuan Baju-NTT. Kapal tersebut berangkat dari Maumere Sikka tujuan SUrabaya, namun sempat transit di Pelabuhan Pelni Bajo.

Koordinatot Sar Bima, Surya membenarkan peristiwa tersebut. Kronologisnya KM Darma Kencana bertolak dari pelabuhan Labuan Bajo menuju  Surabaya. Setelah jarak 2.5 mil, tepatnya sekitar Pulo Bidadari kapal mengalami kecelakaan. “Menurut keterangan dari CIP KM Dewana Darma diperkirakan atau diduga Kandas nabrak karang,” ujarnya pada Bimakini, Sabtu (15/10/2016).

“Kapal begetar hebat dan menimbulkan kepanikan seluruh isi kapal untuk menyelamatkan diri,” kisahnya mengutip laporan yang masuk ke SAR Bima.

Tim TNI AL, lanjut dia, juga berangkat menggunakan Sea Reder. Tiba di lokasi pukul 20.40 Wita dan langsung melakukan evakuasi penumpang. Ada satu korban patah kaki dan dievakuasi ke Pelabuhan Labuan Bajo.

Tim SAR gabungan berangkat dan tiba lokasi pukul 21.22 Wita dan melakukan penyisiran, memastikan tidak ada korban di laut. “Tim lalu melaksanakan penyisiran dibantu kapal milik warga untuk memastikan tidak ada korban yang terjatuh di dalam laut,”ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Menurut dia, kapal yang dinakhodai H Wagiman WG Mar, dengan jumlah awak 36 orang.  Jumlah muatan, 30 unit truk sedang, 6 unit mobil, 4 unit motor.   Ada juga penumpang dari Maumere ke Surabaya 54 orang , 24  supir truk, ditambah penumpang Labuan Bajo 4 orang. “Penumpang semuanya berjumlah 58 orang berhasil dievakuasi,” ujarnya.(BK31)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Empat dari enam nelayan asal Desa Rompo Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima akhirnya ditemukan selamat  Sabtu (21/10/2017) di perairan Komodo. Mereka  terapung tiga...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.com.-  Kondisi cuaca buruk yang ditandai hujan lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi memaksa Kantor Administrasi Pelabuhan (Adpel) Bima menerapkan peringatan larangan...

Peristiwa

Kota Bima,-Bimakini.com.-   Arus balik melalui laut  pada Idul Fitri tahun ini meningkat sebesar 10 persen dibanding tahun sebelumnya. Jumlah itu ditandai banyaknya penumpang kapal Bima-Makassar...

Peristiwa

Bima, Bimakini.com.-  Hingga saat ini,Bima dan daerah sekitarnya masih dilanda cuaca buruk yang ditandai gelombang tinggi dan angin kencang. Kondisi tersebut mengganggu lalulintas angkutan laut,termasuk...