Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Batu Besar Labrak Kantor Desa Naru Barat

DOK ARIF B: Inilah sebagian batu besar yang meluluhlantakan bangunan kantor Desa Naru Barat, Senin malam.

Bima, Bimakini.- Kantor Desa Naru Barat Kecamatan Sape Kabupaten Bima, Senin (30/01/2017) malam sekitar pukul 19.45 WITA, jebol dan hancur setelah dilabrak sejumlah batu ukuran besar. Insiden dipicu longsor di belakang kantor yang berada di lereng gunung  Kabuju atau persimpangan Dea itu.

Akibatnya, ruangan Sekretaris Desa dan WC hancur. Pagar belakang sepanjang 12 meter dan ada lubang pada sejumlah titik. Tidak ada aparat di kantor saat itu. Ruangan kantor saat itu sedang disiapkan untuk Musbangdes.

Warga setempat, Arif Budiman, menceritakan, malam itu rencananya digelar Musrenbangdes Naru Barat, karena insiden itu gagal dilaksanakan. Untungnya  tidak ada korban jiwa dalam insiden itu.

Kata Arif, kejadian itu saat masyarakat sedang melaksanakan shalat Isya. Tiba-tiba terdengar suara gemuruh dan  terjadi longsor dari arah pegunungan. Batu-batu besar di lereng gunung Kabuju yang berada di belakang kantor desa meluncur deras. Menerobos bangunan kantor desa.

Akibatnya, ruangan Sekdes  hancur. Begitu pun di ruangn WC. “Batu besar menimpa kantor desa,” katanya dalam akun Facebook, Senin malam.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Arif mengaku longsor susulan pada lokasi itu juga terjadi pada tengah Senin tengah malam.

Sekretaris Desa Naru Barat, Iskandar Zulkarnain, ST,  yang dihubungi Selasa yang  dikonfirmasi Selasa malam mengatakan kejadian itu sebelum acara Musbangdes digelar. Untungnya, aparat desa dan peserta Musbangdes belum tiba di lokasi.

DOK ARIF B: Ruangan Sekdes yang jebol saat insiden longosr, Senin malam.

Diakuinya, setelah dilabrak sejumlah batu besar, kerusakan terjadi pada ruangan Sekdes, WC, dan satu jendela jebol. Selain itu, ada tiga lubang pada tembok bangunan yang diterobos batu.  “Ruangan saya hancur dilabrak batu,” katanya.

Dijelaskannya, sekitar pukul 18.00 WITA, Selasa, Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri mengunjungi kantor desa dan melihat dari dekat kerusakan itu. Saat memantau lokasi, Bupati menilai posisi bangunan kantor desa salah. Bupati menyarankan agar mencari lahan kosong untuk pembangunan kantor baru.

Informasi yang dihimpun, Kantor Desa Naru Barat baru digunakan sejak setahun terakhir. Letaknya memang rawan jika terjadi longsor, karena berdempetan dengan tebing gunung Kabuju. Pembangunan kantor itu dilakukan setelah menggali tebing gunung agar lebih luas.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Posisi kantor memang strategis di persimpangan ruas jalan negara. Namun, risiko longsor setiap saat bisa terjadi, terutama musim hujan. (BK22)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Mataram, Bimakini.- Beredarnya photo PJ Walikota Bima H Muhammad Rum dengan Ketua Demokrat Kota Bima, Ryan Permana Putra tidak membuat H Arahman Abidin risau....

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima menyosialisasikan Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima. Apalagi tahapan...

Politik

Mataram, Bimakini.- Dua nama perempuan muncul di pusaran Pilkada NTB 2024 saat ini. Satu dari Pulau Lombok dan satu dari Pulau Sumbawa. Keduanya adalah...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Bima saat ini belum membuka pendaftaran Bakal Calon Wali Kota dan Wakil...

Politik

Mataram, Bimakini.- Belakangan beredar di media sosial photo berpasangan H Muhammad Rum dan Ryan Kusuma Permadi. Photo ini memunculkan spekulasi bahwa keduanya akan berpasangan...