Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Keberadaan Gapoktan akan Diverifikasi

Kadis Pertanian dan TPH, Rendra

Bima, Bimakini.- Ini isyarat terbaru dari Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Bima, Ir Rendra.  Katanya,   ke depan gabungan kelompok tani (Gapoktan) akan diverifikasi untuk mengantisipasi munculnya Gapoktan fiktif.

Rendra mengatakan, untuk membentuk Gapoktan bukan sekadar melengkapi administrasi, akan tetapi benar-benar kelompok tersebut memiliki hamparan lahan. Sebab jangan sampai muncul dua nama Gapoktan di atas satu hamparan. “Intinya mekanisme pembentukan Gapoktan tersebut memiliki hamparan,” katanya di Kecamatan Bolo,  Jumat (03/02).
Untuk itu, ingat Rendra, Kepala Desa dan PPL Desa harus teliti  memberikan rekomendasi pembentukan Gapoktan baru. Sebelum merekomendasikan kelompok tersebut, ,PPL harus menyurvai  lokasi. “Apakah keberadaannya benar-benar memiliki hamparan atau tidak,”  ujarnya.
mengenai  luasnya hamparan tersebut minimal 10 hektare dan memiliki  anggota,  kata dia,  kalau semua ditata seperti ini bantuan apapun pasti dialokasikan  dan dapat dimanfaatkan bersama. “Akan tertuju kepada sasaran sesuai harapan kita,” tuturnya.

Rendra pun  berjanji ke depan bantuan untuk petani akan  ditata lebih  baik, tetutama  bantuan benih subsidi bagi kelompok tani. “Kita akan berusaha agar bantuan tersebut tepat waktu, sehingga bisa dimanfaatkan oleh para petani,” katanya. (BK36)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait