Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

NTB Dukung Keberlanjutan Program Hibah MCA-Indonesia

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB DR TGH.M. Zainul Majdi menjadi salah seorang panelis pada acara seminar 4 tahun pelaksanaan program Hibah MCA- Indonesia bertema “mengawal

keberlanjutan investasi Compact ” di Balai Kartini Jakarta, Kamis, 27 April 2017.

MCA-Indonesia adalah pelaksana Hibah Compact dari Millennium Challenge Corporation (MCC), yang mendukung Kemitraan Strategis Amerika Serikat dengan Indonesia.

MCA-Indonesia bertujuan mengurangi kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi dengan tiga proyek utama yakni: Kemakmuran Hijau , Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat untuk Mengurangi Stanting, dan Modernisasi Pengadaan.
Gubernur NTB diundang untuk memberikan testimoni krn NTB dinilai sebagai provinsi yg sukses mengimplementasikan 3 program Hibah MCA Indonesia (MCAI) sejak tahun 2014 .

Dalam paparannya Gubernur NTB menekankan bahwa program hibah MCAI adalah contoh program hibah yg berhasil di daerah. Bagi NTB , program ini berhasil karena berkesesuaian dg program prioritas pembangunan di bidang Kesehatan, Lingkungan dan pelayanan Publik serta Reformasi Birokrasi. Disamping itu dalam implementasinya telah melalui proses diskusi yg panjang dengan pemerintah daerah dan para pemangku amanah lainnya.”Bagi Daerah kami yg terpenting adalah memastikan bahwa seluruh program tersebut memenuhi kriteria percepatan, inovasi dan nilai tambah ( PIN ) dalam mewujudkan rencana pembangunan di daerah” tandas Gubernur.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Terkait dengan keberlanjutan program MCAI di Indonesia khususnya di NTB , Gubernur menyampaikan layak untuk dilanjutkan karena telah dirasakan manfaatnya oleh pemerintah daerah dan masyarakat . Keberlanjutan program MCAI diharapkan akan terus mengakselerasi, membuka ruang inovasi dan memberi nilai tambah. Dicontohkan oleh Gubernur NTB misalnya program kemakmuran hijau dengan kegiatan penyediaan energi bio gas , program penguatan kelembagaan masyarakat lingkar Hutan , program pengelolaan hasil hutan bukan kayu ( HHBK ), rahabilitasi lahan dan perlindungan mata air di kawasan Gunung Rinjani.
Selain itu , program kesehatan dan perbaikan gizi berbasis masyarakat telah dirasakan manfaaatnya utk mengatasi kurang gizi dan mencegah stanting pada anak2. melalui program ini MCAI juga meningkatkan keterampilan perempuan petani dan usaha ekonomi perempuan .
Ketika ditanyakan tentang dukungan dalam keberlanjutan program hibah MCAI Gubernur memastikan akan menyiapkan sejumlah regulasi berupa Perda dan Pergub dan menyiapkan anggaran yg cukup di pemerintah provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Acara diskusi panel tersebut dihadiri oleh ratusan peserta terdiri dari penggiat LSM, kalangan perguruan tinggi, sejumlah Pejabat Kementrian dan Lembaga, acara dibuka oleh Menteri Perencanaan Nasional / Kepala Bappenas Prof DR. Bambang Sumantri Brodjonegoro dan sambutan oleh Dubes Amerika untuk Indonesia .Joseph R Donovan.

Kepala BAPPEDA Provinsi NTB , Ridwan Syah yg mendampingi Gubernur ketika dimintai penjelasan menambahkan bahwa 4 tahun implementasi hibah MCAI di NTB telah berkontribusi dalam memperkuat aspek perencanaan dan pencapaian indikator RPJMD misalnya pada indikator kemiskinan dan beberapa indikator kesehatan dan lingkungan. selain itu hibah MCAI melalui program participatory Land Use Planning membantu NTB mengimplementasikan kebijakan satu peta ( one map policy) dengan program NTB SATU PETA , selain itu hibah program modernisasi pengadaan ( procurement modernization ) melalui penguatan Unit Layanan Pengadaan ( ULP) berhasil mendorong efisiensi belanja pemerintah dan transparansi proses pengadaan barang dan jasa, bahkan sukses membawa NTB sebagai ULP percontohan nasional. Masih dalam program ini pula MCAI akan menjadikan NTB sebagi center of excelence sertifikasi energi terbarukan dg mengajak perguruan tinggi dan 12 SMK di NTB. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Aktivis KOMPAK-NTB, Azwar Anas menyorot kegiatan rehabilitasi gedung SD dan SMP di Kabupaten Bima. Karena kegiatan yang bersumber dari anggaran Dana Alokasi...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- lagi, gabungan aliansi di Kecamatan Madapangga, Sabtu  (3/6/2017) melakukan aksi unjuk rasa di Persimpangan Desa Bolo. Mereka memertanyakan penanganan berbagai kasus hukum...

NTB

Mataram, Bimakini.- Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) mengadakan pelatihan gerakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga, karang taruna dan lembaga kemasyarakatan untuk pencegahan korupsi dan pembangunan...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Aksi tiga hari yang dilakukan oleh Komite Pemuda Anti Korupsi (Kompak) NTB Cabang Bima, mengundang reaksi dari Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.– Setelah  aksi Senin (17/10/2016) lalu, LSM Kompak kembali menyuarakan aspirasi terkait  dugaan tindak pidana korupsi, Selasa (18/10/2016). Persimpangan Desa Bolo Kecamatan Madapangga...