Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Festival Gunung Sangiang Api Dimulai

Dok Diskominfo

Bima, Bimakini.- Festival Gunung Sangiang Api di Pelabuhan Sangiang Daratan Desa Sangiang Kecamatan Wera, Minggu (23/07) dimulai. Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri membuka  festival itu. Festival merupakan agenda tahunan yang sudah dilaksanakan beberapa tahun lalu. Awalnya difasilitasi oleh Pemerintah Desa setempat.

Acara pembukaan diawali  Pawai Budaya. Saat itu hadir Ketua dan beberapa anggota DPRD Kabupaten Bima, pimpinan OPD, Ketua TP PKK Kabupaten Bima, beberapa pimpinan organisasi sosial kemasyarakatan. Ribuan warga  memadati Dermaga Sangiang.

Kepala Diskominfo Kabupaten Bima, H Abdul Wahab, SH, menjelaskan karen kegiatan tersebut dari tahun ke tahun semakin berkembang dan mulai mendapat perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara, maka  pelaksanaannya mulai bekerja sama dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kecamatan Wera dan Pemerintah Kabupaten Bima.

“Pemerintah Desa setempat bahkan tidak tanggung-tanggung menggelontorkan dana desa yang cukup memadai untuk kelancaran kegiatan dimaksud,” katanya dalam pernyataan pers, Minggu sore.

Dikatakannya,  festifal ini merupakan promosi wisata, karena Gunung Sangiang Api tidak kalah menariknya dengan potensi wisata Gunung Tambora. Hal ini terbukti sejumlah  kapal  pesiar terutama dari mancanegara yang mampir mengunjungi dan menikmati keindahan alam Gunung Sangiang Api.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dok Diskominfo

Dalam sambutannya, Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, menegaskan komitmennya bersama Wakil Bupati memimpin daerah ini dan akan memberikan perhatian serius. Caranya   berupaya maksimal untuk memajukan daerah, termasuk dari sisi pariwisata. Oleh karena demikian,  Pemerintah Daerah akan mendukung dan memberikan perhatian lebih terhadap kegiatan festival yang diprakarsai masyarakat Desa Sangiang ini.

Festival ini berlangsung selama  satu bulan penuh,  berbagai macam kegiatan dihelat. Seperti lomba perahu layar besar, lomba perahu tradisional,  lomba renang, gebyar kuliner tradisional Sangiang dan berbagai jenis kegiatan lainnya. (BE36)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait