Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Bupati Bima kok Sering ke Luar Daerah ya…

Kasubag Protokol Setda, Suryadin, MSi

Bima, Bimakini.- Sejak menjabat sebagai Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri, kerap pergi ke luar daerah. Hampir setiap akhir pekan, istri mantan Bupati Bima H Fery Zulkarnain (almarhum)  itu meninggalkan Dana Mbojo. Ada apa? Seberapa urgensinya bagi Kabupaten Bima?

Kabag Humas dan Protokol melalui Kasubag Protokol Setda, Suryadin, MSi, menjelaskan Bupati Bima pergi ke luar daerah dalam rangka melaksanakan tugas daerah dan menghadiri berbagai undangan. Seperti  kegiatan Pemerintah Provinsi NTB maupun Pemerintah Pusat.

“Bupati ke luar daerah ada dasarnya, biasanya berupa undangan yang disampaikan ke Bupati. Ada yang bisa diwakilkan dan ada yang tidak diwakilkan,” jelasnya  di kantor Pemkab Bima, Senin siang.

“Itu intinya kenapa Bupati ke luar daerah. Kalau di luar daerah, bukan berarti tugas-tugas dinas terbengkalai,” sambungnya.

Suryadin menegaskan, meski Bupati Bima sering berada di luar daerah, penyelenggaraan pemerintah tetap berlangsung sebagaimana biasanya. “Kalau sedang berada di luar, bisa didelegasikan pada Sekda, Staf Ahli maupun para Asisten untuk melaksanakan tugas,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Misalkan ada kegiatan di Bima namun bersamaan dengan undangan ke luar daerah, lanjut dia, Bupati tetap mengupayakan agar semua agenda berjalan. “Kan tidak ada agenda yang tertunda selama ini, meski Bupati di luar daerah,” paparnya.

Menurut dia, Bupati Bima tidak selalu rutin ke luar daerah pada setiap akhir pekan. Contohnya dalam dua pekan terakhir, Bupati tetap berada di Bima. “Keberangkatan Bupati ke luar daerah, memiliki agenda yang jelas,” terangnya lagi.

Bagaimanapun juga, kata dia, masukan seperti ini penting bagi pemerintah agar perjalanan pejabat pemerintah bisa dikontrol.  “Bila dibandingkan  tahun sebelumnya, disiplin pegawai  di lingkup Sekretariat Daerah maupun SKPD meningkat,” ujarnya.

Perlu diketahui, katanya, tanggung jawab pembinaan disiplin pegawai secara langsung adalah tanggung jawab masing-masing Kepala SKPD. Oleh karena itu, penting bagi pimpinan SKPD untuk memastikan bahwa pembinaan disiplin pegawai berjalan sebagaimana mestinya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Meskipun Bupati melakukan tugas di luar daerah, tambahnya lagi, tidak berarti disiplin pegawai itu  akan kendur, karena ada pejabat di bawahnya seperti Sekretaris Daerah dan pejabat terkait yang tetap membina.

“Untuk  evaluasi disiplin pegawai ini, Bupati dan Wakil Bupati sering mengadakan inspeksi mendadak untuk melihat secara langsung kinerja staf pada tingkat unit kerja,” paparnya. (BK39)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait