Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

KNPI Bolo: Program BSPS tidak Transparan

Ketua PK KNPI Bolo saat menunjuk rumah yang bahan materialnya tidak layak.

Bima, Bimakini.- Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau  bedah rumah di Kecamatan Bolo diklaim Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)  Bolo tidak  transparan. Masalahnya, harga bahan material yang disalurkan  tidak diketahui oleh penerima manfaat.

Demikian dikatakan Ketua PK KNPI Bolo, Mulyadin, SPd, di kantor Kecamatan Bolo, Senin (28/08/2017), menanggapi realisasi program itu di wilayah setempat.

Semestinya, kata Mulyadin, harga material  itu harus diketahui oleh penerima manfaat agar bisa disesuaikan dengan besar bantuan yang didapatkan. Indikator lain tidak transparannya pelaksanaan program BSPS adalah tidak adanya bentuk pengawasan dari pihak fasilitator pendamping program BSPS. Imbasnya, pelaksanaan program ini terbengkalai dan mencuat kesan pembiaraan. Buktinya tahapan pelaksanaan program BSPS bervariasi. “Tahapan pekerjaan bervariasi, ada yang belum dikerjakan dan sedang dikerjakan. Kalau dilakukan  transparan, pasti tidak seperti ini hasilnya. Bahkan, saat pendistribusian bahan material fasilitator tidak pernah ada, itu data yang saya himpun melalui penerima manfaat,” katanya.

Selain beberapa indikator itu, dijumpai juga salahsatu kesalahan fatal yang dilakukan oleh fasilitator saat pendistribusian bahan material. Seperti yang dialami Kamuria, warga RT 10 Desa Timu. Bahan material yang disalurkan  untuk kusen pintu tidak layak dipakai lantaran sudah lapuk.

Kondisi  itu mencuatkan aroma  program BSPS  dinilai tidak membantu rakyat, justru menipu warga. “Program BSPS bukan membantu, tapi menipu warga kalau demikian faktanya,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

menyusul  ulah fasilitator pendamping program BSPS seperti itu, dia  meminta Camat Bolo  Mardianah, SH, memanggil agar bisa mengelarifikasi beberapa kejanggalan  lapangan. “Kita akan meminta Camat Bolo  menghadirkan fasilitator pendamping program BSPS di Kantor Kecamatan,” ujarnya.

Warga RT 12 Desa Timu, Heni, selaku penerimaa manfaat mengaku sudah mendapatkan sebagian bahan material untuk bedah rumah. Yakni  9 gerobak pasir, 4.000 biji bata, besi ukuran 6 mm dan ukuran delapan mm sebanyak 35 batang, 32 sak semen dan kusen pintu-jendela masing-masing dua unit.

Saat pendistribusian bahan material itu, selaku penerima manfaat menanyakan berapa harga semua bahan material yang masuk agar bisa disesuaikan dengan  bantuan Rp15 juta. “Saya tidak tahu berapa total harga bahan material yang sudah ada, kita hanya dikasihtahu banyak bahan material yang diterima,” katanya.

Camat Bolo, Mardianah, SH, menanggapi permintaan Ketua KNPI Bolo itu menyatakan siap  memfasilitasi kehadiran fasilitator pendamping. “Saya akan fasilitasi agar fasilitator bisa hadir di kantor,” ujar Camat Bolo.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Oihak fasilitator yang hendak dikonfirmasi tidak ada yang bisa dihubungi. Bahkan, saat didatangi di kediaman koordinator fasilitator pendamping, Adhar. Rumahnya  digembok dan  tidak satu pun keluarganya yang bisa dihubungi. (BK36)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kecamatan Madapangga tuntas. Jumlah penerima manfaat program tersebut yakni sebanyak 100 unit rumah tidak layak...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Sebanyak 35 rumah di Desa Rade, Kecamatan Madapangga, mendapatkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun 2019. Jajaran Dinas Perkim Kabupaten Bima...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Tahun 2019 mendatang, enam desa di empat kecamatan Kabupaten Bima mendapat program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Ke enam desa tersebut yakni...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Desa Rada yang mandek disorot Komisi Pemantau Sosial Perpolitikan Indonesia (KPSPI). Pihak yang bertanggungjawab diminta...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Selama ini  berbagai tuntutan dan keluhan warga Desa Rada Kecamatan Bolo muncul. Senin pun demikian. Para penerima manfaat program Bantuan Stimulan Perumahan...