Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Wabup: Perlu Penajaman Perencanaan Berbasis Gender

Foto bersama Wabup Bima, H Dahlan bersama peserta PPRG.

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Noer, MPd, membuka pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Desa yang Responsif Gender (PPRG) kepada 26 peserta dari Aparatur Desa, Badan Perwakilan Desa  (BPD) di lima desa di Kabupaten Bima di Hotel Lilagraha, Senin (20/11).

Kepala Bagian Gumas dan Protokol Setda Bima, Armin, Farid, mengatakan Wakil Bupati Bima membuka kegiatan pelatihan PPRG yang diikuti aparatur desa dan anggota BPD di lima desa.

“Perlu penajaman perencanaan berbasis gender,” ucap Wakil Bupati sebagaimana dikutip, Armin Farid, SSos.

Pelatihan tersebut kerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima dengan Frederich Eibert Stiftung (FES) Indonesia dan difasilitasi Sekretariat Nasional  Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas Fitra) Jakarta dan Perkumpulan Solud NTB.

Wabup mengatakan, mengintegrasikan isu gender diperlukan penajaman program untuk memastikan pemeroleh manfaat.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Pemerintah melalui Kementerian terkait telah menerbitkan peraturan bersama mengenai strategi nasional percepatan pengarusutamaan gender,” tuturnya.

Pengambilan keputusan desa, sambungnya, perlu merumuskan strategi pembangunan berwawasan gender selaras dengan visi Bima RAMAH.

“Aparatur Pemerintah dan masyarakat harus bekerja keras wujudkan visi itu melalui program yang bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat,” harapnya.

Deputi Direktur Sekretariat Nasional FITRA, Misbah Hasan, mengatakan pelatihan diikuti 26 peserta dari lima desa di Kabupaten Bima sebagai pilot project.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sejak bergulirnya Undang-undang Desa, maka desa memiliki kewenangan mengelola potensi yang ada. “Perlu komitmen semua pihak mengelola sumber daya itu sebagai perbaikan tatakelola perencanaan dan penganggaran di tingkat desa,” terangnya. (PUL)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Noer Rabu (2/8) saat menjadi Pembina apel pagi pada Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Noer hadiri pelantikan Nusri Ihza Mahendra, SSos sebagai Sekretaris dan Ahmad, SPd sebagai Kepala Bidang...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Lantaran di nilai mampu menekan angka konflik bahkan “menyulap” wilayah yang sebelumnya di kenal zona merah hingga menjadi hijau, Wakil Bupati Bima...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Kantor PT Pos di berbagai Kecamatan di Kabupaten Bima, sibuk melayani masyarakat yang menerima pencairan BLT dari Kemensos RI. Wabup Bima, Drs...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs H Dahlan, HM Noer, MPd, meminta masing-masing instansi terus berbenah demi masyarakat. Prestasi  dan pelayanan  perlu terus...